Kebiasaan dan Makna di Balik Thanksgiving  di Amerika

What’s up Sobat KP? Tidak terasa Bulan November akan usai dalam beberapa hari lagi. Ada kebiasaan menarik yang dilakukan oleh warga Amerika pada saat Hari Kamis terakhir di Bulan November dan untuk Tahun 2022 ini, perayaan tersebut diselenggarakan pada Tanggal 24 November 2022. Sobat KP ada yang tau kah perayaan apakah itu? Yaps, that’s Thanksgiving Day. Biasanya ngapain ya pada saat merayakan Thanksgiving itu? Dari pada penasaran, sini mimin spill ya kebiasaan yang dilakukan oleh warga Amerika pada saat Thanksgiving.

1. Kumpul Keluarga

Sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/keluarga-bahagia-di-dapur-4262167/

Jika dilihat dari sejarahnya, sebenarnya Thanksgiving di Amerika ini sebagai bentuk pertemuan antara warga asli Amerika dan warga pendatang. Dimana pertemuan tersebut sebagai bentuk kekeluargaan agar terjalinnya hubungan yang baik tanpa adanya perpecahan antara warga pendatang dan warga asli Amerika. Maka tradisi tersebut terus berjalan hingga saat ini, yang mana kumpul keluarga merupakan hal yang wajib dilakukan pada saat perayaan Thanksgiving ini. Wah, maknanya sangat dalam ya Sobat KP

2. Merenungkan Hal Positif

Sumber foto: https://holidappy.com/holidays/thanksgiving-poems-and-rhymes

Selain kumpul bersama, ternyata banyak nilai-nilai positif  yang tersirat pada perayaan Thanksgiving ini, salah satunya yaitu merenungkan hal positif yang telah terjadi pada diri kita. Mungkin lebih tepatnya kita mengingat-ingat kembali terkait hal-hal positif yang pernah menghampiri kita, sehingga dengan mengingat hal positif tersebut, kita dapat merasa bersyukur atas kejadian yang telah terjadi pada diri dan menyadari akan bermaknanya hidup ini, seperti dapat merasakan kumpul bersama keluarga dan makan bersama dengan rasa cukup. Sehingga berharap hal positif tersebut dapat bertemu kembali.

3. Dinner Bareng 

Sumber foto: https://family.lovetoknow.com/family-activities/tips-celebrating-thanksgiving-big-family 

Seperti halnya kegiatan di Indonesia, rasanya sangat disayangkan bukan jika kita sudah kumpul bareng dengan keluarga kita, namun tidak ada hidangan? Pada kegiatan Thanksgiving ini selain kumpul keluarga, Dinner bareng atau makan malam bersama merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dengan makan kita dapat mensyukuri terhadap makanan yang telah kita sajikan. Pada saat dinner bareng kita bisa berkumpul dengan keluarga, berbincang bersama, dan saling tegur sapa. Tentu hal tersebut dapat meningkatkan rasa kebersamaan kita bersama dengan keluarga kita.

4. Makan Hidangan Kalkun

Sumber foto: https://www.womansday.com/life/a29318077/when-is-thanksgiving-2019/

Mungkin Sobat KP bertanya-tanya bukan? Kira-kira ada yang berbedakah antara dinner bareng pada hari lain dan dinner bareng pada Hari Thanksgiving? Ternyata pada saat Thanksgiving  hidangan wajib yang tersedia yaitu Kalkun loh. Karena pada saat Thanksgiving keluarga berkumpul bersama dan dengan daging kalkun semua keluarga dapat terbagi dengan rata. Wow, Mimin jadi penasaran bagaimana itu rasanya daging kalkun?

Gimana setelah mendengar Thanksgiving di Amerika? Seru dan Positive Vibes banget kan Sobat KP? Hayo, Siapa Sobat KP di sini yang berminat merasakan vibes Thanksgiving di Amerika dengan biaya akomodasi yang terjangkau, bisa hubungin Mimin ya atau bisa juga untuk menghubungi website kamarpelajar.org.id, see you soon :))