Rekomendasi Destinasi Perayaan Natal

Ciao…. Sobat KP, tidak terasa ya kita sudah memasuki pertengahan bulan Desember dan dipenghujung akhir Tahun 2022. Sebelum mengakhiri tahun 2022 ini, kira-kira wish list destinasi wisata Sobat KP sudah terpenuhikah? Kalau mimin si sudah ya… Biasanya, di minggu terakhir Bulan Desember, pasti ada Sobat KP yang merencanakan perayaan Natalnya dengan sebaik mungkin, agar perayaan natalnya berkesan. Pada artikel kali ini akan mimin spill nih, destinasi yang dapat menjadi pilihan Sobat KP dalam merayakan natal bersama keluarga, pasangan atau bestie Sobat KP. Berikut rekomendasi destinasi perayaan merayakan natal versi mimin yang cocok buat Sobat KP.

Vatican City, Vatican
Yang pertama yaitu Vatican, mungkin sebagian sobat KP sudah paham ya mengapa Vatican menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada saat merayakan natal. Yap, karena Vatican adalah pusat agama Katolik dunia [1]. Sehingga pada perayaan natal, banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang mengunjungi kota yang sekaligus negara. Jadi bagi temen-teman yang ingin merayakan natal dengan khidmat dan berkesan, tentu Vatican menjadi salah satu yang cocok bagi Sobat KP dalam merayakan Natalnya.

Sumber: https://www.history.com/news/10-things-you-may-not-know-about-the-vatican

Bern, Swiss

Berbeda dengan Vatican City, di Bern, Swiss terdapat salah satu bangungan gereja yang begitu megah yang bernama Gereja Bern Minster, gereja ini merupakan salah satu gereja protestan termegah di dunia. Meskipun ini gereja protestan, pada awal dibangun tahun 1431, Gereja Bern Minster merupakan gereja katolik loh, namun dengan maraknya protestanisme pada abad ke-16 akhirnya gereja ini beralih fungsi menjadi gereja protestan dengan pengurangan hiasan dan patung-patung. Wah dengan merayakan natal di Bern, Swiss tentu perayaan natal ini akan menjadi pembelajaran bagi Sobat KP dalam memahami sejarah perjalanan Kristen dari dulu hingga saat ini. Bagaimana sobat KP, menarik bukan?

Sumber : https://www.wlswissphotography.ch/en/stadtleben

Bethlehem, Palestina
Kalau sebelumnya mimin rekomendasikan ke destinasi wisata yang bernuansa gereja, namun untuk yang ini lebih kearah sejarah yang mungkin sebagian Sobat KP cukup mengenal tempat ini. Yaps, yaitu Bethlehem salah satu kota di Palestina dan kurang lebih 10 KM di arah selatan dari kota Yerusalem. Kota Betlehem dikenal sebagai kota kelahiran Yesus [2]. Meskipun kota ini berada di antara dua negara sekaligus, antara Palestina dan Israel, berkunjung ke Betlehem tidak begitu sulit ko, masih banyak akses apabila Sobat KP ingin berkunjung ke Betlehem. Bayangkan bakalan se-momerable apa, jika Sobat KP bisa merayakan di tempat yang begitu bersejarah ini, tentu ini akan menjadi pengalaman perayaan natal yang tak akan terlupakan jika merayakan Natal langsung di tempat kelahiran Yesus.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Bethlehem#/media/File:Bethlehem_skyline,_West_Bank.jpg

New York, Amerika

Selanjutnya, rekomendasi mimin jika ingin merasakan suka cita natal dengan begitu meriah, tentu mengunjungi New York, Amerika Serikat adalah pilihan paling tepat. Kenapa enggak? Karena di New York pada saat perayaan natal terdapat pohon natal raksasa di Rockefeller Center, New York yang menjadi simbol perayaan natal di kota New York. Selain itu banyaknya festival yang terselenggara pada saat natal, semakin membuat perayaan natal semakin meriah. Jadi rasanya New York sangat recomended menjadi salah satu destinasi wisata bagi teman-temen untuk merayakan Natal.

Sumber: https://shewandersabroad.com/christmas-in-new-york-itinerary/

Manila, Filipina

Jika sebelumnya kita melihat deretan destinasi perayaan natal di Eropa atau Amerika, sobat KP jangan khawatir, ada loh salah satu tempat di Asia Tenggara yang cukup meriah untuk merayakan natal, yaitu Manila, Filipina. Filipina adalah negara di Asia Tenggara yang menurut mimin cocok bagi Sobat KP untuk merayakan natal, mengapa demikian? karena suasana kota di Filipina begitu Eropa-able banget diantara negara Asia Tenggara lainnya, terlebih di Filipina banyak sekali peninggalan Spanyol yang masih utuh, jadi Sobat KP dapat merasakan suasana natal ala Eropa meskipun berada di Asia Tenggara. Selain itu filipina merupakan salah satu negara dengan penduduk kristen terbanyak di dunia loh [3], tentu perayaan natal di negara ini pun akan semarak dan meriah.

Sumber: https://id.hotels.com/go/philippines/manila-cathedral

Bagaimana, setelah membaca rekomendasi destinasi wisata perayaan natal ala mimin? mernarik bukan? Dari yang jauh hingga yang dekat dan dari yang khidmat hingga yang meriah mimin ulas loh. Yuk jangan kelamaan berpikir, mending persiapkan perayaan natal se-memorable mungkin ya Sobat KP.

Sumber :
[1] https://whc.unesco.org/en/list/286/
[2] https://www.nazarettour.co.id/kota-betlehem-bethlehem/
[3] https://www.jawaban.com/read/article/id/2022/09/23/4/220923141338/10_negara_dengan_penduduk_beragama_kristen_tertinggi_di_dunia_tahun_2022