5 Traditional Dessert Khas Belanda yang Mirip dengan Dessert di Indonesia, Wajib Dicoba!

Hallo Sobat KP! Disesi ini mimin bakalan nge-review traditional dessert khas Belanda yang mirip dengan dessert di Indonesia. Ternyata banyak sekali asimilasi yang terjadi sejak zaman penjajahan dari segi kuliner baik dari pihak Belanda maupun Indonesia. Jika dipikir-pikir, traditional desserts khas Belanda itu identik dengan buah-buahan. Kira-kira desserts apa aja yang mirip dengan di Indonesia? Yuk.. langsung kita bahas keburu mimin laper. 

1. Ananas Taartjes/ Nastar 

Sumber:https://images.app.goo.gl/9VfUrcTnVUVNHQwZ8

Sejarah nama nastar diambil dari perpaduan Bahasa Indonesia yaitu buah Nanas dengan Bahasa Belanda yang menyebut kue sebagai taart sehingga terlahirlah ‘Nastar’. Dessert ini sangat tidak asing ditelinga orang Indonesia apalagi kue nastar lumrahnya dinikmati saat lebaran tiba. Di Belanda, nastar dinikmati setiap saat maupun acara-acara tertentu seperti Lunar Year. Ananas Taartjes atau Nastar sangat populer di kalangan masyarakat Belanda karena rasanya yang manis dan gurihnya aroma butter. Mimin sih suka makan nastar hangat pas lagi musim dingin, kalau sobat KP suka nastar biasa atau yang fresh from the oven nih?

2. Klappertaart/ Kue Kelapa 

Sumber:https://images.app.goo.gl/5vfGPckziiBF4DU89

Traditional dessert kedua ini merupakan pengaruh dari Belanda yang dibawa ke Manado, Sulawesi Utara. Pada saat itu, Manado memiliki banyak sekali hutan kelapa sawit sehingga menjadikan tempat asimilasi yang cepat antara Belanda dan Indonesia dari segi kuliner. Klappertaart adalah bahasa Belanda untuk “kue kelapa” atau “coconut cake” dan dibuat dari tepung, gula, susu, mentega, dan daging serta air kelapa. 

3. Kaasstengels/ Kastengel 

Sumber:https://images.app.goo.gl/oNHDPiTJxnsJBBzi7

Kaasstengels atau Kastengel adalah jajanan keju Belanda berbentuk stik. Kaasstengels juga banyak ditemukan di Indonesia, karena adanya hubungan erat dengan kolonial Belanda,. Nama Kaasstengels mengacu pada bahan, bentuk, dan asalnya; kaas adalah kata bahasa Belanda untuk “keju”, sedangkan stengels berarti “tongkat”. Tidak seperti kebanyakan desserts yang biasanya manis, Kaasstengels memiliki rasa gurih dan asin. Di Indonesia, Kaasstengels dinikmati bersama dengan nastar dan putri salju saat perayaan Natal maupun Lebaran Idul Fitri. 

4. Spekkoek/ Lapis Legit

Sumber:https://images.app.goo.gl/HhLnszFWySjMB5Vr6

Istilah Belanda Spekkoek diterjemahkan secara harfiah sebagai pork belly (atau bacon), sebuah nama yang berasal dari tampilan lapisan gelap dan terangnya. Di Indonesia, kita kenal sebagai lapis legit, berarti kue lapis yang manis. Di dalam Bahasa Inggris sering dikenal sebagai thousand layer cake atau thousand layer spice cake. Kue bertekstur keras ini tidak dipanggang layaknya kue biasanya, dan mengandung campuran rempah-rempah khas Indonesia, seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, bunga pala dan adas manis. Spekkoek terbuat dari tepung, kuning telur dan kaya akan mentega atau margarin. 

5. Ontbijtkoek/ Kue Sarapan

Sumber:https://images.app.goo.gl/QkNDNWczXE7wEEwE6

Ontbijtkoek atau peperkoek (kue lada) adalah kue berbumbu khas Belanda dan Flemish. Rye/ Gandum Hitam adalah bahan terpentingnya, karena menambah warna kue menjadi cokelat muda. Adapun rempah-rempah lain yang ditambahkan dalam adonan Ontbijtkoek, yaitu cengkeh, kayu manis, jahe, jeruk nipis, dan pala. Beberapa bagian di Belanda memiliki resep lokalnya sendiri, yang paling terkenal adalah Oudewijvenkoek (kue wanita tua), kebanyakan dikonsumsi di Belanda bagian utara. Ontbijtkoek secara tradisional disajikan saat sarapan dengan lapisan mentega yang tebal di atasnya, sebagai pengganti roti, namun karena rasanya yang manis, Ontbijtkoek juga disajikan sebagai camilan. Paling baik dimakan sehari setelah dipanggang. Ontbijtkoek juga ditemukan di Indonesia karena sejarah penjajahan oleh Belanda. Meskipun Ontbijtkoek tidak terlalu terkenal seperti Spekkoek tetapi kue ini sangatlah cocok dilidah orang Indonesia. 

Nah..dari kelima Traditional Desserts khas Belanda yang mirip dengan Desserts di Indonesia, manakah favorit kalian? Kalau mimin sih Kaasstengels karena rasanya yang gurih. Kalau kalian penasaran gimana sih rasa desserts asli versi Belandanya, yuk langsung aja kalian masukin kedalam wishlist liburan musim dingin di Belanda sembari mencoba traditional desserts mereka. Tapi jangan khawatir soal budget, kalian bisa langsung booking kamar dengan harga murah di Kamar Pelajar dan sewa PANDU agar liburan kalian lebih berkesan. Untuk pesan Kamar dan PANDU langsung klik https://kamarpelajar.id. Tot ziens! See you in the Netherlands!