Peninggalan Kejayaan Kerajaan Islam, Alhambra

Halo sobat KP! Sudah di penghujung tahun, gimana nih kabarnya? Semoga di tahun ini sobat KP banyak mendapatkan pelajaran yang berharga, ya! Tetap semangat!

Nah, menjelang tahun baru gini pastinya kalian pasti lagi merencanakan liburan atau sudah tau mau liburan bareng keluarga ke mana? Kalau masih bingung, nih Mimin kasih satu tempat destinasi wisata yang recommended untuk sobat KP datangi serta info-info menarik lainnya! Yuk mari kita simak artikelnya, Sobat KP!

Alhambra, Spanyol

Sumber foto: https://thetourguy.com/wp-content/uploads/2021/11/Alhambra-Fortress-Granada-Spain-1440-x-675-900×420.jpg 

Bagi Korean drama lovers yang sudah pernah nonton drama ‘Memories of the Alhambra’, pasti kalian sudah nggak asing dong sama tempat ini? Yaps, Alhambra. Tempat destinasi wisata yang luar biasa penuh dengan sejarah di dalamnya.

Alhambra adalah sebuah kompleks istana, perpustakaan terlengkap, sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan Bani Ummayyah di Granada, Spanyol bagian selatan atau yang dikenal dengan sebutan Al-Andalus atau Andalusia. Daerah bagian selatan ini adalah daerah yang dikuasai Muslim Umayyah yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Maka dari itu, Istana Alhambra ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya, sekaligus berfungsi sebagai benteng pertahanan dan perlindungan bagi rakyatnya.

Alhambra telah menjadi simbol sejarah peradaban Islam di Eropa dan menjadi satu-satunya kota yang masih hidup dari zaman kejayaan Islam dan sisa-sisa dinasti Islam terakhir di Eropa Barat yaitu Dinasti Nasrid. Alhambra dalam bahasa Arabnya adalah الحمراء = Al-Ħamrā’; yang artinya “Kastil merah”. Alasan mengapa nama tersebut dipilih karena bangunan Istana Alhambra dibuat dengan tanah merah sebagai bahan utama pembangunan pada saat itu. Situs ini dibangun pada tahun 1238-1358 Masehi, kemudian telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs peninggalan warisan budaya dunia pada tahun 1984.

Sumber foto: https://cdn.britannica.com/56/140856-050-C408FFB6/Patio-de-los-Arrayanes-Alhambra-Spain-Granada.jpg 

Lokasi Istana Alhambra ini cukup strategis yang di mana terletak di atas Bukit Al-Sabika dengan luas total bangunannya sekitar 14 hektar. Lokasi tersebut sangat cocok menjadi tempat pengawasan bagi Bangsa Romawi yang saat itu menguasai wilayah dan menjadikannya benteng kecil. Namun, Bangsa Romawi akhirnya dikalahkan oleh Bangsa Moor dari Afrika Utara yang di mana mereka ialah penguasa kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Andalusia.

Pada akhirnya, benteng kecil tersebut direbut oleh Ibn al-Ahmar sang pendiri Dinasti Nasrid. Kemudian pada tahun 1230, benteng kecil ini diubah menjadi sebuah benteng besar. Di tahun 1333 akhirnya diubah lagi menjadi istana megah oleh sultan Granada yang bernama Yusuf I.

Di dalam Istana Alhambra yang megah ini, ada apa aja sih?

Sumber foto:https://i1.wp.com/www.worldwanderista.com/wp-content/uploads/2014/10/Alhambra-Patio-de-los-Leones-4.jpg?resize=715%2C400&ssl=1  

Di dalam istana megah ini terdapat banyak dengan hiasan pahat yang berada di dinding, pilar, dan atap istananya di mana itu semua didominasi oleh seni kaligrafi kuffic. Selain itu, terdapat juga ada rangkaian ayat-ayat Al-Quran dan motto kerajaan yang berjejer rapi dan sejajar dengan nuansa emas yang sangat menakjubkan lho, Sobat KP!

Terdapat juga ada Taman Singa atau yang disebut juga dengan Hausyus Sibb. Di tengah tamannya ada kolam air mancur yang dihiasi dengan 12 patung singa yang berbaris melingkar. Lalu taman ini juga dikelilingi dengan 128 tiang yang terbuat dari marmer. 

Kastil ini pastinya juga memiliki banyak sekali ruangan di dalamnya, tiap ruangannya pun dibangun dengan arsitektur indah dan megah.

Pertama, terdapat juga ruangan Bani Siraj yang ruangannya dipenuhi dengan hiasan-hiasan kaligrafi Arab yang mengagumkan. Ruangan ini berbentuk bujur sangkar dengan besar ruangan 6,25 m x 6,25 m. Kemudian terdapat juga ada yang namanya ruang bersiram atau yang disebut dengan Hausy ar-Raihan. Besar ruangan ini adalah 36,6 m x 6,25 m. Lalu di bagian tengahnya terdapat kolam bernama Al-Birkah seluas 33,50 m x 4,40 m dengan kedalaman 1,5 m dengan lantai yang terbuat dari marmer putih. Selanjutnya terdapat ruangan Al – Hukmi atau Baitul Hukmi di mana itu adalah sebuah ruangan pengadilan yang dibangun oleh Sultan Yusuf I di tahun 1334-1354. Luas ruangan ini adalah 15 m x 15 m. 

Selain ruangan-ruangan yang menakjubkan, di situs ini pun juga ada villa khusus raja lho, Sobat KP! Namanya Garden of the Architect atau juga bisa disebut dengan Jennat Al-Arif. Tempatnya berada di ujung taman Alhambra. Dari villa ini, sang raja bisa langsung melihat pemandangan perkampungan orang Arab terdahulu dan bisa sekaligus mengontrol keseharian rakyatnya dari sana.

Wahh… informasi tentang Istana Alhambra menarik banget ‘kan? Jadi, sobat KP tertarik nggak nih untuk pergi liburan ke sana?

Referensi: