Daftar Christmas Market terindah di Eropa Barat

Hai Sobat KP! Gimana kabar kalian semua? Semoga sehat selalu. Udah pada punya planning liburan natal kemana nih? Kalau mimin lebih suka berkunjung ke pasar natal sekalian hemat budget dan mencoba makanan tradisional. Nah, kali ini mimin membagikan Daftar Christmas market terindah di Eropa Barat. Di zona ini terdiri dari negara Monako, Prancis, Belgia, Belanda, Jerman, Austria, dan Liechtenstein. Kenapa mimin pilih zona eropa barat? Karena negara-negara di Eropa Barat memiliki ciri khas natal yang unik dengan diselimuti salju tebal. Langsung aja yuk kita bahas.

1.Cologne, Germany

Sumber: https://images.app.goo.gl/AH6S5Unwq6FLSKa57

Kota Cologne di Jerman berhasil menduduki peringkat pertama dengan Christmas Market terindah menurut The Times UK. Cologne memiliki banyak Christmas Markets yang tersebar di beberapa tempat dan yang paling besar berada di City Centre Cologne dekat Katedral Dom. Pasar tersebut bernama Markt der Engel,  terdapat ratusan lampu kerlap-kerlip yang menggantung diatas bak bintang-bintang dilangit, dan ada mannequin malaikat melayang di antara atap pelana yang dihias dengan teratur. Disini juga terdapat Nikolausdorf (desa Saint Nicholas) yang ditujukan untuk anak-anak, dan menceritakan kisah St Nick dengan gerbang Hahnen abad ke-13 yang menjulang tinggi. Bahkan ada pasar yang didedikasikan untuk mitos para kurcaci dan sejarah maritim yang dilengkapi dengan cerita bajak laut. Jika sobat KP menyukai ice skating, kalian bisa langsung berseluncur di Heumarkt.

2. Amsterdam, The Netherlands

Sumber:https://images.app.goo.gl/583nSfeZfHmZbpJh6

Amsterdam memiliki banyak pilihan Christmas market, tetapi ada dua Christmas Market yang sangat indah dan besar yaitu Ice Village Amsterdam dan Amsterdam Winter Paradise. Di Ice Village Amsterdam kalian disuguhkan dengan gelanggang es, live entertainment, pasar natal, dan banyak makanan dan minuman tradisional yang menghangatkan kalian. Bermain-main dengan es di salah satu pasar Natal yang paling indah di Amsterdam menjadi daya tarik tersendiri. Lain lagi dengan Amsterdam Winter Paradise. Disini kalian ditawarkan banyak hiburan anak muda dan permainan es yang seru. Terdapat gelanggang seluncur es didalam maupun diluar ruangan, pesta musiman, aneka makanan tradisional dan bianglala raksasa yang menghadap ke kota Amsterdam. Kalian juga dapat meluncur melintasi salju asli, bermain ski lintas alam di antara pohon Natal, atau bermain-main dengan perang bola salju klasik. Anyways, mimin jadi pengen main ke Amsterdam Winter Paradise nih! Sobat KP pasti juga ngga sabar nyobain biang lala besarnya dong.

3. Strasbourg, France

Sumber: https://images.app.goo.gl/1dEyyjVzK7EboNTU7

Christmas Market di Strasbourg adalah pasar natal tertua di Prancis dan juga tertua di Eropa. Suasana natal di Strasbourg benar-benar unik karena jalan-jalan didekorasi dengan indah, jendela toko yang berkilau, aroma kayu manis dan rempah-rempah melayang di udara, membawa kembali kenangan masa kecil, dan lagu-lagu Natal berkumandang dari gereja. Sepanjang Desember, Strasbourg menjadi salah satu kota paling terang di Eropa, dikarenakan setiap jalanan, rumah, jendela pertokoan, dan balkon berkelap-kelip dengan lampu dekorasi khas natal. Disini terdapat pohon Natal setinggi tiga puluh meter di Place Kléber dan didekorasi dengan ornamen lampu warna-warni yang berkilauan. Strasbourg dijuluki sebagai “the capital of Christmas”  karena terdapat pohon Natal tertinggi di Eropa. Kalian dapat berkunjung ke Christmas Market Strasbourg serta membeli barang-barang unik untuk menghias pohon Natal dan tak lupa mencicipi makanan tradisional khas Strasbourg. 

4. Salzburg, Austria 

Sumber: https://images.app.goo.gl/Xz1w8YfHdHytLrV38

Christmas Market di Salzburg dikenal dengan tradisi natal kuno dan lagu-lagu tradisional. Kota kelahiran Mozart dan The Sound of Music yang indah mengiringi Natal, dengan lagu Silent Night dilantunkan saat salju turun dan kios-kios di pasar natal khas abad ke-15. Christmas market di sini lebih terfokus pada hasil-hasil kerajinan tangan masyarakat lokal, kalian akan menemukan aneka pakaian dan aksesoris rajutan asli daripada dekorasi natal yang megah. Untuk menikmati sensasi Natal yang maksimal, kalian bisa melihat konser harian gratis pada pukul 17.00 di depan katedral, dan lagu-lagu Natal dinyanyikan pada hari Selasa (18.00-20.00).

5. Ghent, Belgium

Sumber:https://images.app.goo.gl/GMYKqapCEDhrvjUh7

Christmas Market Ghent terletak tepat di jantung kota Ghent yang bersejarah. Pasarnya hanya ada pada satu lokasi (tidak seperti Brussel dan Bruges), tetapi membentang dari Sint-Baafsplein, sepanjang Botermarkt hingga ujung Korenmarkt. Pasar Natal di Ghent juga dikenal sebagai Festival Musim Dingin Ghent (Gentse Winterfeesten). Selama festival, pusat kota yang bersejarah diubah menjadi negeri ajaib musim dingin dengan tenda-tenda kayu, komidi putar antik, dan lampu berkilauan. Terdapat lebih dari 150 tenda kayu tersebar di Kota Tua Ghent, membentang dari Katedral Saint Bavo, Belfry, dan Gereja Saint Nicholas. Kalian bisa mengeksplor Christmas Market Ghent dari Sint-Baafsplein Square dan lewati Botermarkt, lalu dilanjutkan kearah  Klein Turkije dan berhenti di Korenmarkt Square sebagai tujuan terakhir. Di sini, kalian juga akan menemukan Bianglala raksasa dan arena seluncur es. Jangan lupa juga pergi  ke bar Moose, di mana kalian  dapat mencoba koktail istimewa dan mengunjungi desa mini. Aduh ini sih jadi favorit Christmas Market versi mimin! 

Dari kelima daftar Christmas Market terindah di Eropa Barat, manakah yang Sobat KP sukai atau tertarik untuk berkunjung? Apakah Christmas Market Cologne pantas berada di peringkat pertama ataukah ada tempat lain yang lebih indah menurut Sobat KP? Kalau mimin sih.. Christmas Market Cologne memang berhak menduduki peringkat pertama sebagai Christmas Market terindah di Eropa Barat karena areanya yang sangat luas dilengkapi dengan dekorasi natal spektakuler dan juga menawarkan wahana seru untuk anak muda. Eits..kalau Sobat KP mau berkunjung ke  kelima Christmas Market diatas, jangan khawatir tentang Budget! Kalian bisa mendapatkan housing dan tour guide dengan harga yang ramah dikantong. Langsung aja cek https://kamarpelajar.id