Persiapan Semester Baru Ala Mahasiswa dalam Negeri dan Luar Negeri

Penjelajahan mengenai tempat baru tentu tidak hanya dilakukan pada saat kita mengkhususkan diri pada saat travelling saja, melainkan  dapat dilakukan Ketika kita menjadi seorang pelajar yang sedang menuntut ilmu yang berada jauh dari asal tempat kita. Perjalanan tersebut tentu akan menjadi pengalaman yang sangat memorable kelak pada saat kita kembali ke tempat kita berasal, namun menjelajahi tempat baru dengan cara menuntut ilmu di lingkungan baru. Perlu adanya persiapan yang lebih matang agar perjalanan mencari ilmu tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Nah untuk Sobat KP sendiri, kira-kira sudah sejauh mana nih dalam persiapan menyambut semester barunya? Kali ini mimin sajikan, beberapa tips persiapan yang dapat Sobat KP coba berdasarkan pengalaman teman-teman mimin yang  berada di dalam dan luar negeri.

Membaca Buku – Afli, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Sumber foto : https://prospernet.ias.unu.edu/about-prosper-net-page/current-members/universitas-gadjah-mada-indonesia/

Pada saat memulai perkuliahan, tentu membaca buku merupakan adalah kebutuhan yang mendasar bagi setiap mahasiswa, dengan membaca buku yang akan menjadi sumber perkuliahan di semester selanjut merupakan salah satu tips yang diungkapkan oleh Kak Alfi . Dimana dengan membaca buku bisa menjadikan diri kita bisa lebih siap dalam menghadapi perkuliahan di semester selanjutnya.

Meminta Rekomendasi Alumni – Fayren, Mahasiswa Universitas Columbia, Amerika Serikat

Sumber foto : https://edition.cnn.com/2017/02/18/us/columbia-university-application-mistake/index.html

Ada sistem perkuliahan yang menarik dari sistem perkuliahan di Universitas Columbia. Kebanyakan universitas di Indonesia, untuk pengambilan mata kuliah itu sudah terpaket. Namun hal itu berbeda dengan sistem perkuliahan di Universitas Columbia, dimana mahasiswa dapat mengambil mata kuliah sesuai dengan mata kuliah yang diminati loh. Sehingga dengan sistem perkuliahan yang seperti itu membuat Kak Fayren meminta rekomendasi atau testimoni alumni terkait kelas yang akan diambil oleh Kak Fayren. Hal itu bertujuan agar bisa menyesuaikan dengan peminatan dan waktu yang tersedia. Wah, menarik bukan untuk melanjutkan studi di Universitas Columbia?

Join Additional Course – Apta, Mahasiswa Universitas di Roma Tor Vergata, Italia

Sumber foto : https://it.wikipedia.org/wiki/Universit%C3%A0_degli_Studi_di_Roma_Tor_Vergata#/media/File:Nuovorettorato.jpg

Selain itu, mungkin persiapan ini merupakan persiapan yang cukup berbeda dengan persiapan pada umumnya di Universitas di Indonesia. Dimana Join additional Courses merupakan cara Kak Apta untuk dapat mempersiapkan semester baru. Karena menurut Ka Apta, dengan mengikuti Join Additional Course salah satu cara untuk dapat belajar secara maksimal dan materi yang kita dapatkan dapat dimengerti. Dengan mengikuti additional course ini harapannya kita dapat berkuliah dengan cepat / tepat waktu loh Sobat KP. Hm, mungkin kalau di Indonesia lebih familiar dengan semester pendek (SP) kali ya?  

Menjaga Kesehatan Mental – Steven, Universitas Negeri Tomsk, Rusia

sumber : https://eurohighereducation.com/2023/02/07/facts-and-figures-of-tomsk-state-university/

Sobat KP, ternyata menjelajahi dan melanjutkan studi di luar negeri tentu tidak serta enak ya, so pasti akan ada selalu hambatannya. Seperti yang diungkapkan oleh Kak Steven, salah satu mahasiswa Universitas Negeri Tomsk, Rusia yang mana Kak Steven harus berusaha struggle beradaptasi dengan lingkungan yang udara cukup extreme dan kesibukan kan super duper pada kemana harus membuat Kak Steven harus menjaga kesehatan mentalnya. Walaupun kegiatan super duper pada Kak Steven sebisa mungkin untuk menerapkan work life blance agar bisa menjaga Kesehatan mentalnya dalam mempersiapkan semester barunya. Wah gak kebayang ya bagaimana strugglenya kak Staven ini?

Nah, dari sekian banyak tips yang mimin dapat sampaikan mengenai tips dalam mempersiapakan semester barunya dan sharing pengalaman mengenai kehidupan perkuliahannya. Bagaimana Sobat KP? Sudah siap untuk menjelajahi tempat baru sembari menuntut ilmu di dalam negeri dan berbagai belahan dunia .