Lezat dan Unik! Inilah Menu Sarapan dari Sejumlah Negara!

Seperti yang kita ketahui, sarapan di pagi hari itu penting banget. Selain bermanfaat untuk mengisi tenaga saat kita memulai hari dengan aktivitas, sarapan juga akan membuat kita lebih berkonsentrasi dan tidak mudah pusing saat sedang berkegiatan. Nah, sobat KP biasanya sarapan atau sering lupa buat sarapan nih?

Ngomong-ngomong tentang sarapan, biasanya menu makanan apa sih yang biasanya enak buat dijadikan sarapan? Nasi goreng? Roti dan kopi?

Nah sobat KP… Berikut ini ada beberapa menu sarapan lezat dan unik dari beberapa negara! Yuk simak!

  1. Mandazi – Kenya

Sumber Foto: https://divinelydelish.com/2019/06/29/mandazi-east-african-doughnuts/

Menu sarapan yang pertama ini berasal dari Kenya. Namanya Mandazi, seperti kue donat yang bertabur gula halus dan kayu manis bubuk di atasnya. Roti yang berbentuk segitiga ini adalah makanan khas Kenya yang biasanya dinikmati dengan secangkir kopi atau teh hangat. Maka dari itu, hidangan ini cocok banget buat dijadikan sarapan!

Kalau dilihat-lihat Mandazi ini mirip sama odading atau roti goreng yang ada di Indonesia ya, Sobat KP!

  1. Chilaquiles – Meksiko

Sumber Foto: https://www.vvsupremo.com/recipe/chilaquiles-with-salsa-verde/

Berikutnya ada Chilaquiles yang berasal dari Meksiko. Hidangan keripik yang dinikmati sebagai sarapan ini adalah salah satu makanan tradisional juga lho di Meksiko! Terdiri dari tortilla yang digoreng dan dicampur dengan salsa, ditambah telur, kacang-kacangan, irisan daging, bawang bombay, dan juga keju biar sarapannya makin nikmat. Menu makanan ini juga bisa jadi sarapan yang mengenyangkan dan bergizi lho, Sobat KP!

  1. Genfo – Ethiopia

Sumber Foto: https://www.abc.net.au/everyday/food/recipe:-genfo/11927766

Bubur kental yang disebut dengan Genfo atau Ga’at ini adalah menu sarapan masyarakat Ethiopia. Bubur yang biasanya dibuat dengan bahan tepung barley tersebut juga bisa diganti dengan bahan tepung jagung atau gandum.

Bubur yang sangat kental dan sedikit lengket ini biasanya disajikan dengan tepung barley panggang yang kering lalu dimasukkan ke dalam air mendidih dan diaduk dengan sendok kayu hingga teksturnya halus. Setelah konsistensi teksturnya sudah kental dan halus, bubur dipindahkan ke mangkuk dan dibuat lubang di tengahnya dengan menggunakan cangkir kopi khas Ethiopia yang bernama finjal. Setelah bubur dilubangi, lubang itu diisi dengan mentega yang sudah dibumbui, niter kibbeh, dan berbere atau campuran cabai merah dan rempah. Cara memakan bubur ini dengan cara mengambil potongan bubur lalu celupkan ke racikan bumbu yang ada di tengah.

  1. Shakshuka – Israel

Sumber Foto: https://in.pinterest.com/pin/42432421469783239/

Hidangan olahan yang berbahan dasar telur ala Timur Tengah yang satu ini cocok banget lho buat sarapan! Arti dari Shakshuka sendiri adalah ‘campuran’, yang dimana artinya semua bahan makanan di makanan ini dicampur menjadi satu kesatuan. Rasanya yang gurih, pedas, dan segar menjadi satu dalam hidangan ini. Shakshuka biasanya disajikan dengan saus tomat, bawang bombay, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Biasanya dimakan bersamaan dengan roti pipih atau roti gandum. Menu sarapan ini menjadi salah satu opsi masyarakat Timur Tengah untuk dimakan di pagi hari karena proses pembuatannya yang mudah dan cepat.

  1. Mohinga – Myanmar

Sumber Foto: https://fearlesseating.net/mohinga-best-noodle-soup-ever/

Menu sarapan berikutnya mirip seperti soto di Indonesia nih, Sobat KP!. Tapi kalau yang satu ini namanya Mohinga, makanan tradisional yang berasal dari Myanmar yang cocok dijadikan menu sarapan. Berbeda dengan soto, kuah di Mohinga ini terbuat dari campuran ikan yang dicampur dengan tepung beras agar kuahnya menjadi kental. Mie kuah lezat khas Myanmar ini, biasanya menggunakan mie beras atau bihun di dalamnya. Kemudian umumnya disajikan dengan irisan bawang merah mentah yang segar atau bawang goreng, cakwe, dan telur rebus di atasnya. Tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar rasanya lebih segar dan seimbang.

  1. Haleem – Iran

Sumber Foto: https://in.pinterest.com/pin/568509152961150777/

Menu sarapan berikutnya yaitu sejenis bubur yang terbuat dari daging dan biasa disajikan untuk sarapan. Bubur yang satu ini biasanya terbuat dari daging domba, sapi, ayam, atau kalkun yang dicampur dengan gandum, barley, dam kacang-kacangan. Hidangan yang sangat populer di Timur Tengah dan Asia Tengah bernama Haleem ini umumnya masih dimasak secara tradisional. Semua bahan, bumbu, dan rempah-rempah dimasak menggunakan wajan besar dan menggunakan kayu khusus untuk mengaduknya. Masakan harus terus diaduk selama 6 jam sampai adonan menjadi berbentuk bubur. Setelah Haleem sudah selesai dimasak, lalu dihidangkan dengan ditabur daun ketumbar, daun mint, potongan cabai hijau tipis, irisan jahe, jeruk nipis, dan bawang goreng di atasnya. Selain itu Haleem juga bisa disantap bersama nasi atau roti Naan.

  1. Bircher Muesli – Swiss

Sumber Foto: https://id.pinterest.com/pin/492862752945197691/

Nah, di menu terakhir ada menu yang berasal dari Swiss yaitu Bircher Muesli. Salah satu sarapan sereal bertabur buah-buahan yang satu ini sangat enak, sehat, dan praktis. Menu sarapan bercita rasa manis dan segar yang satu ini biasanya dibuat dengan rolled oat, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, jus lemon, dan susu. Bisa juga ditambahkan madu atau plain yogurt, sesuai selera. 

Bircher Muesli dengan berbagai macam variasinya dan gimanapun penyajiannya juga pasti tetap baik buat tubuh kita. Seperti baik untuk pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan cocok untuk menurunkan berat badan. Menu sarapan yang satu ini juga kaya akan antioksidan, zat besi, dan protein lho sobat KP!

Nah itu dia berbagai macam menu sarapan dari beberapa negara!

Kelihatan enak dan unik, ya ‘kan?

Sebelum sobat KP memulai aktivitas seharian, lebih baik kalau sobat KP sarapan dulu yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *