5 Fakta Nyeleneh Prancis yang Beda sama Indonesia

Negara tempat kelahiran Napoleon ini sangat historis dan menawan, banyak kejadian-kejadian historis dan tempat-tempat yang cantik di sini. Karena hal tersebut juga, Prancis menjadi salah satu tujuan liburan yang paling terkenal di dunia. Bagaimana tidak, di sana ada banyak bangunan antik dan estetik yang terkenal, mulai dari menara Eiffel, museum Louvre, istana Versailles, Notre Dame, dan masih banyak lagi. Selain memiliki ratusan bangunan yang unik, Prancis juga punya banyak fakta menarik yang membuat Prancis unik, apa saja ya?

 

  • Sekolah di Prancis libur atau belajar lebih cepat setiap hari Rabu

Anak sekolah setara TK, SD, dan SMP di Prancis bisa libur atau belajar lebih cepat tiap hari Rabu. Awalnya peraturan ini dicetus pemerintahan Prancis pada akhir abad 19 supaya anak-anak diperbolehkan libur hari Rabu untuk mengunjungi katekismus di gereja katolik. Namun, pada masa kepresidenan Francois Hollande di tahun 2014, menteri pendidikan Prancis memutuskan untuk mengakhiri libur di hari Rabu. Keputusan ini sempat didemo oleh para guru dan orang tua. Karena protes, sekolah-sekolah di Prancis boleh menentukan jadwal khusus mereka, jadi ada sekolah yang belajar lebih cepat setiap hari Rabu dan ada yang mengganti waktu pembelajaran di hari Sabtu. 

  • Pasar swalayan di Prancis dilarang membuang makanan yang tidak terjual

Pelarangan ini ditekankan untuk menghindari penumpukan sampah makanan. Karena itu, pasar swalayan di Prancis diharuskan untuk menyumbang makanan-makanan yang tidak terjual kepada beberapa badan organisasi. Peraturan ini membuat Prancis sebagai salah satu negara yang tidak membuang banyak makanan di Uni Eropa, hanya 33% makanan terbuang di Prancis dan sebagian besar terbuang dalam proses retail dan pemrosesan. Tak hanya itu, Prancis adalah Negara pertama yang mencetuskan peraturan ini.

  • Kamu harus beli tiket khusus siput kalau mau bawa siput yang masih hidup untuk naik kereta di Prancis

Ya, fakta unik yang kamu baca ini benar adanya. Kalau kamu mau membawa hewan yang beratnya di bawah 6 kg, kamu diharuskan untuk membayar tiket seharga 7 Euro, dan siput adalah salah satu hewan yang terdaftar untuk kebijakan ini. Di tahun 2008, seorang penumpang kereta cepat Prancis TGV ketauhan membawa siput yang masih hidup, ia pun didenda setelah ketahuan oleh petugas TGV. Kasus ini berakhir ketika petugas kereta dan pembuat kebijakan memutuskan untuk melepas pria tersebut dari denda sebanyak 5,21 Euro.

  • Croissant ternyata bukan makanan asli Prancis!

Roti yang rasanya gurih dan renyah ini selalu dikenal sebagai makanan khas Prancis, tapi tahukah kamu kalau Croissant sebenarnya ditemukan oleh seorang tukang roti asal Austria? Pada tahun 1839, seorang komandan Austria bernama August Zang membuka toko roti khas Austria di Paris. Dia menyajikan patiseri khas Vienna yang dikenal dengan nama Kipferl. Kipferl merupakan sebuah roti yang berbentuk bulan sabit. Kipferl khas August Zang ini menjadi makanan populer di kalangan orang-orang di Paris sampai banyak tukang roti di Prancis meniru Kipferl dan membuatnya dengan gaya khas Prancis. Nah dari asimilasi inilah Croissant lahir di Prancis. 

  • 35% Lagu yang diputar di radio Prancis harus berbahasa Prancis

Pemerintahan Prancis membuat peraturan mengenai lagu-lagu yang diputar di radio Prancis pada tahun 1994. Awalnya untuk membiasakan warga Prancis dengan lagu berbahasa Prancis, pemerintah Prancis mengharuskan stasiun radio untuk memutar lagu-lagu berbahasa Prancis sebanyak 40% dari total lagu yang diputar per harinya, namun setelah protes pada tahun 2016, kuota ini diturunkan menjadi 35%. Stasiun radio yang memiliki izin untuk memutar lagu-lagu internasional juga diharuskan memutar sebanyak 15% dari total semua lagu yang mereka putar. 

 

Masih banyak serba-serbi unik mengenai Prancis. Menarik bukan? Jika kalian ingin liburan ke Prancis dan bingung nyari akomodasi yang murah dan aman, bisa cek ke kamarpelajar.id/kamar!