4 Negara Terbaik untuk Melihat Bentang Langit Aurora!

Selama ini tau aurora hanya sebatas cahaya warna-warni yang ada di langit malam, tapi gimana sih sebenarnya itu bisa terjadi? 

Aurora terjadi karena adanya pembiasan partikel-partikel dari pancaran matahari yang bergerak sangat cepat dan menumpuk di ionosfer, atau lapisan bumi yang mengandung ion. Partikel ini juga bertumpuk dengan medan magnet bumi, itu alasan kenapa aurora ini punya warnanya sendiri seperti hijau, biru, pink, atau ungu, dan bukan sebatas cahaya biasa. 

Nah sekarang MbaMin mau tanya, Sobat KP punya wishlist yang sama kayak MbaMin juga nggak sih? Mau lihat view aurora dengan mata kepala sendiri, akan indah dan terpana banget kali ya.. Nah untuk menambah dorongan nabung demi melihat aurora secara langsung, nih MbaMin bocorin empat negara paling top untuk melihat bentang aurora di langit malam! Yuk ikutan! 

1. Islandia

The Westfjords dan North Iceland, kedua lokasi ini memiliki waktu malam yang lebih panjang dan langit yang tidak tertutup awan. Dua faktor ini sangat mendukung terbukanya panorama wajah warna-warni aurora di langit Islandia. Tapi kamu juga bisa lihat aurora di langit Ibukota Islandia kok, Kota Reykjavik! Kamu cukup cari sisi Kota Reykjavik yang tidak terlalu banyak awan saat malam hari, lalu kamu akan bisa lihat view aurora cantik dari kota ini!

2. Swedia

Yang ada jadwal libur di sekitar bulan September sampai Maret, merapat! Karena aurora di langit Swedia siap memanjakan mata kamu! Terlebih lagi saat musim dingin gini nih Sobat KP, puncak-puncaknya aurora menari-nari di langit malam! Walaupun aurora bisa kita lihat di Swedia bagian manapun, disarankan untuk pergi ke Swedia bagian Utara karena disana kamu bisa dapat kesempatan melihat aurora dengan lebih jelas!

Biasanya, aurora muncul dari pukul enam sore sampai pukul dua pagi dan akan terlihat spektakuler pukul sepuluh sampai sebelas malam. Duh apa besok langsung pesen tiket ke Swedia kali ya? 

3. Finlandia

Northern Lights, atau aurora borealis bisa kamu nikmati di daerah Lapland yang berlokasi di Finlandia Utara. Di sana juga ada desa bernama Desa Inari yang dikelilingi hutan dan danau. Lokasi ini loh yang biasanya dijadikan sebagai lokasi ‘aurora hunting’ bagi para wisatawan. 

Aurora ini gak semata-mata bisa Sobat KP lihat persis sempurna seperti foto-foto di Instagram, hal itu disebabkan karena pengambilan foto aurora dipotret dengan kamera beresolusi tinggi. Tapi, MbaMin berani jamin, kamu gak akan nyesel juga kok kalau bisa merasakan langsung experience lihat aurora!

4. Norwegia

Nah yang terakhir ini masuk juga dalam jajaran tempat terindah dan menarik di dunia untuk melihat aurora borealis! Kota Tromso! Kota yang menjadi rekomendasi juga dari CEO Kamar Pelajar sendiri (selengkapnya di sini). Kota ini memiliki pemandangan aurora yang luar biasa jelita, dikarenakan Kota Tromso terletak tepat di tengah “Aurora Oval” atau bentang dimana aurora menciptakan diri! 

Nah Sobat KP, dari keempat negara tersebut, udah kepikiran belum mau ke mana dulu? Kalau MbaMin sih mau ke Swedia dulu karena di sana ada Kamar Pelajar hehe.. Bisa lihat aurora, bisa hemat juga di penginapan! Yuk cek dan pesan penginapan kamu hanya di kamarpelajar.id/kamar