5 Wisata Turki Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2021

Wisata Turki Belahan dunia lain memang menarik untuk dijelajahi. Sebab banyak sekali hal yang didapatkan dengan melintasi berbagai belahan dunia. Mulai dari pengalaman travelling yang tak ada duanya, makanan khas yang menggugah selera, hingga pemandangan visual berbeda dengan negeri yang kita tapaki. 

Baca juga:

Turki pun demikian, menjadi salah satu tujuan destinasi yang dapat memuaskan persoalan yang dipertanyakan para traveller. Ya, banyak sekali kepuasan yang diperoleh dengan sekali berkunjung ke Turki. Bukankah Turki menjadi tujuan destinasi yang layak untuk dikunjungi?

Berikut Kamar Pelajar sadurkan artikel mengenai 5 Wisata Turki Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2021. Artikel ini wajib Anda baca, sebab memberi informasi wisata Turki yang ringkas, namun padat materi. Disimak baik-baik ya!

1. Ankara

Wisata Turki
Ankara (Sumber: Britannica)

Bagi Anda yang menyukai dengan hal-hal berbau seni dan budaya, barangkali Ankara adalah pilihan wisata Turki yang tepat untuk Anda. Adalah ibu kota Turki yang sangat luas, yang di dalamnya berjajar gedung-gedung pemerintah, bisnis komersial, universitas, dan kedutaan asing. Namun, Anda perlu satu hal bahwa Ankara tidak selamanya berisi gedung-gedung resmi. Ankara juga menawarkan berbagai situs pariwisata yang berbalut sejarah, serta seni dan budaya. 

Coba Anda lihat dan amati gedung-gedung di Ankara. Pasti Anda akan merasakan hawa yang berbeda darinya; ada kesan kuno, namun antik nan bersejarah. Bangunan seperti Temple of Augustus, the Citadel, dan Roman Theatre — setidaknya pernah dihuni oleh penduduk dari Het, Yunani, Romawi, Bizantium, dan Ottoman. 

Selain itu, Anda juga dapat menyambangi tempat-tempat indah lainnya di Ankara. Mulai dari Museum of Anatolian Civilizations yang menampung 200.000 objek antik Turki, hingga pasar tradisional yang menjual berbagai produk khas Turki. Sangat sayang jika Anda melewatkan kesempatan ini! 

2. Mardin

Wisata Turki
Mardin (Sumber: Britannica)

Ibu kota Provinsi Mardin yang terletak di dataran tinggi. Sebagai salah satu tempat tertua di Provinsi Mardin, Mardin terkenal dengan ciri khasnya yang berbeda dengan wisata Turki lainnya, yaitu keanekaragaman budayanya dan bukit batu pasirnya.

Saat Anda menjelajahi sepanjang bukit pasir Kota Mardin, Anda akan menemui berbagai wisata di Turki yang bersejarah. Ada Deyrü’z-Zafaran Monastery, salah satu biara tertua di dunia. Terdapat pula Sultan Isa Medresesi, monumen abad pertengahan yang pernah dioperasikan sebagai observatorium astronomi. Zinciriye Medresesi, sekolah Islam abad ke-14 yang memiliki taman yang begitu indah. Serta The Great Mosque yang menaranya yang menjulang tinggi mencakar langit. 

3. Topkapi Palace 

Wisata Turki
Topkapi Palace (Sumber: Britannica)

Pusat pemerintahan Turki yang merupakan salah satu istana terbesar dan tertua di dunia. Ya, Topkapi Palace dibangun pada tahun 1478 dengan luas area kurang lebih 400.000 meter persegi — yang bertahan hingga sekarang.

Dan sampai sekarang, corak-corak budaya menempel kuat di dinding-dinding Topkapi Palace. Terdapat Bosphorus dan Golden Horn yang begitu mengesankan; menawarkan banyak kisah sejarah menarik yang pasti dapat memanjakan mata dan akal Anda! 

4. Bosphorus Bridge

Wisata Turki
Bosphorus Bridge (Sumber: Britannica)

Jembatan bersejarah yang dibangun pada tahun 1970 ini merupakan salah satu wisata Turki terkenal. Bosphorus Bridge menawarkan para pengunjungnya untuk menyebrang di antara benua Eropa dan Asia. Dengan menyeberangi Bosphorus Bridge, Anda memperoleh pengalaman wisata yang menarik dan terasa berlipat ganda!

Selain di atas jembatan itu sendiri, Anda pun dapat menikmati pemandangan alam melalui bawah Bosphorus Bridge. Cukup menggunakan jasa penyeberangan — Day Cruises — yang tersedia di Selat Bosphorus. Setelah memesan jasa ini, Anda akan dibawa ke sepanjang bawah Bosphorus Bridge. Ada pula beberapa waktu di mana perahu berhenti dan Anda diajak untuk melihat atraksi indah Istanbul!

5. Konya

Wisata Turki
Konya (Sumber: Britannica)

Konya, salah satu kota tertua di dunia yang memiliki berbagai pemandangan sejarah yang indah. Kota yang makmur pada abad ke-12 dan 13 ini memiliki bangunan-bangunan menarik di antaranya adalah Masjid Alaeddin, Ince Minare Medrese, ordo mevlevi, dan Seljuk Palace.

Di samping itu, Konya juga menawarkan pengalaman indah lainnya yang niscaya mampu memanjakan mata para pengunjungnya. Misal, ada Alaeddin Hill yang memiliki visual hijau indah, dan Japanese Park dengan air terjun dan kolam yang asri.