Mengenal Lebih Jauh Seputar Bosnia and Herzegovina, Negara Unik nan Cantik di Eropa

Berwisata ke Eropa udah jadi impian, bahkan udah direncanakan juga oleh banyak orang di dunia, mungkin termasuk Sobat juga, ya. Negara Eropa mana aja yang jadi bucket list kalian? Inggris? Belanda? Perancis? Jerman? Spanyol? Masih banyak lagi!

Tapi, pernah nggak kalian denger nama Bosnia? Atau, Bosnia and Herzegovina? Sepertinya nama negara ini memang jarang terdengar di telinga kita. Tapi tahukah kalian, kalau negara yang underrated ini punya sejumlah fakta menarik serta sejumlah destinasi wisata yang bagus banget buat dikunjungi? Melalui artikel ini, yuk kita bahas sama-sama!

Profil Singkat Negara Bosnia

Bosnia and Herzegovina, yang lebih umum dikenal dengan sebutan Bosnia, adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya di Balkan Barat di Eropa Tenggara. Meski jarang didengar oleh banyak orang di dunia, namun negara ini memiliki keunikan tersendiri, yang tentunya layak untuk kalian masukkan ke dalam rencana liburan ke luar negeri. Keunikan-keunikan tersebut meliputi kekayaan warisan budaya, warisan sejarah, serta keindahan alam seperti gunung, danau, dan desa yang cantik.

Ibukota dan kota terbesar di negara ini adalah Sarajevo. Bosnia dan Herzegovina berbatasan dengan beberapa negara Eropa lainnya, antara lain Serbia di timur, Montenegro di tenggara, dan Kroasia di utara dan barat daya. Di bagian selatan, terdapat pantai sempit di Laut Adriatik di Mediterania, yang panjangnya sekitar 12 mil dan mengelilingi kota Neum.

Fakta Menarik Seputar Bosnia

Walaupun negara yang satu ini jarang didengar orang, di Bosnia juga tersimpan banyak fakta yang tentu menarik untuk dibahas. Di antaranya yaitu:

  1. Tidak Memiliki Bahasa Resmi

Secara de jure, tidak ada bahasa resmi yang wajib digunakan di negara ini. Namun, secara de facto, warga negara Bosnia dapat menggunakan beberapa bahasa, yakni bahasa Bosnia, bahasa Serbia, dan bahasa Kroasia. Hal ini disebabkan karena keberagaman etnis yang ada di Bosnia. Keren, kan?

  1. Terdapat Piramida Tertua di Dunia

Di Sarajevo, sebuah kota di Bosnia, terdapat sebuah perbukitan yang kini menjadi pemukiman bagi warga di sana. Namun tahukah kalian, bahwa perbukitan ini dulunya merupakan sebuah piramida yang telah berevolusi?

Ya, piramida ini sejatinya telah berdiri di wilayah ini sejak 30 ribu tahun yang lalu dan memiliki ketinggian 213 meter. Wow!

  1. Tradisi Menembakkan Senjata Api ke Udara 

Ketika merayakan momen-momen penting atau tradisi besar seperti perayaan kelahiran bayi dan pernikahan, umumnya masyarakat Bosnia akan menembakkan senjata api ke udara. Tradisi ini sudah dilakukan sejak lama. Namun saat ini pemerintah Bosnia mulai membatasi tradisi ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bucket List Destinasi di Bosnia

Walaupun negara ini jarang didengar, tetapi Bosnia juga punya destinasi wisata yang tidak kalah cantik apabila dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, antara lain:

  1. Sarajevo

Sarajevo merupakan ibukota negara Bosnia serta merupakan salah satu kota menarik di Eropa. Tempat ini merupakan tempat budaya Timur bertemu dengan budaya Barat. Di sini, kalian bisa menemukan masjid, katedral katolik, dan katedral ortodoks dengan mudah. Selain itu, kalian juga akan menemukan taman-taman kota yang cantik, jembatan batu yang melengkung, serta museum seni modern yang unik.

  1. Jahorina

Tempat yang satu ini tentu jangan dilewatkan jika kalian ingin berwisata ke Bosnia ya, Sobat! Tempat ini merupakan rumah bagi lapangan ski yang paling dicintai di seantero Bosnia. Bertaburan pohon pinus yang indah serta salju, ini tentu bagus buat kalian yang ingin mencoba bermain ski.

  1. Illidza

Illidza merupakan daerah yang terletak di pinggiran Sarajevo. Untuk menjangkau tempat ini, kalian bisa menggunakan trem. Di wilayah ini, kalian akan menemukan taman yang menawan, area rekreasi dan mata air Sungai Bosna, serta hotel-hotel tua nan mewah dengan ciri khas arsitektur pergantian abad ke-19 dan abad ke-20. Wah, unik banget kan?

Nah, itu dia beberapa fakta menarik dan destinasi wisata yang cocok banget dikunjungi kalau kamu berwisata ke Bosnia. Jangan lupa pesan kamar via Kamar Pelajar ya buat mengakomodasi liburan kalian!

Referensi :

The Culture Trip. “11 Things to Know Before Visiting Bosnia”. https://theculturetrip.com/europe/bosnia-herzegovina/articles/11-things-to-know-before-visiting-bosnia-and-herzegovina/ 

Trip Advisor. “Travel Bosnia – Visit Bosnia and Herzegovina”. http://travel-bosnia.ba/