Kamar Pelajar Akan Rilis Produk Baru, Pandu

Selama Kamar Pelajar berdiri, ada produk yang telah dibuat dan mungkin kalian pun sudah mengetahui produk yang dimaksud. Yak, produk pertama KP adalah Kamar! Produk ini menyewakan kamar untuk mahasiswa atau pelajar Indonesia di luar negeri.

Selain Kamar sebagai produk utama, Kamar Pelajar bakal merilis produk terbaru lainnya. Produk kami ini dinamai dengan Pandu.

Apa sih Pandu itu?

Buat yang belum tahu, Pandu adalah produk terbaru dari KP. Produk ini menawarkan tour guide atau pemandu wisata, bagi para mahasiswa dan pelajar Indonesia yang ingin bertamu atau jalan-jalan ke berbagai kota di luar negeri.

Mengapa Pandu dirilis sebagai produk baru di Kamar Pelajar? 

Alasan dibentuknya produk Pandu ini bertujuan menjadikan Kamar Pelajar sebagai wadah penyedia jasa terkait wisata di luar negeri. Artinya, jika tamu yang mau datang ke suatu kota, kalau dia membutuhkan jasa orang untuk temenin jalan, dia bisa cari di daftar Pandu KP.

Siapa dan dimana sih orang yang bisa menggunakan Pandu?

Pandu memiliki dua pengguna, yaitu pemandu dan tamu. Bedanya, yang bisa menjadi pemandu harus orang Indonesia dan bertempat tinggal di kota luar negeri yang ditempatinya. Mereka yang ditunjuk sebagai pemandu dalam produk Kamar Pelajar tidak harus berstatus pelajar, bisa juga diaspora. Lalu tamu, sama halnya dengan pemesan produk Kamar, dibatasi hanya untuk wisatawan asal Indonesia.

Bagaimana cara menggunakan Pandu? Adakah penjelasan spesifiknya?

Berikut adalah Langkah-langkah yang dilakukan oleh tamu, apabila ingin memesan pemandu.

  1. Buka website Kamar Pelajar dan cari profil pemandu. Tamu bisa memilih pemandu sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
  2. Setelah menemukan profil yang cocok, selanjutnya tamu bisa memesan pemandu.
  3. Tunggu pemandu yang kamu pilih untuk menolak atau menyetujui pesanan kamu.
  4. Jika pemandu menolak pesanan kamu, ulangi langkah pemesanan dari awal. Jika pemandu menyetujui pesanan, tamu wajib melakukan transaksi pembayaran pemandu yang tertera pada website.
  5. Setelah membayar, tamu akan mendapat notifikasi dari admin Kamar Pelajar, jika pembayaran telah terverifikasi.
  6. Selesai! Kamu bisa langsung ketemuan dengan pemandu yang kamu pesan, sesuai tempat dan jam yang telah ditentukan.

Kalau ingin jadi Pemandu di Pandu, bagaimana caranya ya?

Bagi kalian yang ingin menjadi pemandu, kalian bisa mengikuti alur pendaftaran dibawah ini.

  1. Sebelum mendaftar menjadi pemandu, pastikan kalau kamu adalah penduduk lokal daerah tersebut.
  2. Bikin akun Kamar Pelajar terlebih dahulu.
  3. Tunggu akun kamu hingga terverifikasi oleh admin Kamar Pelajar.
  4. Setelah terverifikasi, kamu bisa daftar menjadi Pandu!

Bagi pengguna lama akun Kamar Pelajar, kalian juga bisa mengubah data-data yang sudah ada sebelumnya, mulai dari pindah ke kota baru, alamat dan domisili baru, mengganti tarif, atau ingin nonaktifkan diri menjadi pemandu.

Informasi yang didapat pemandu saat proses pemesanan dari Tamu apa saja?

Memang, di produk ini alur pemesanan dari Pandu nggak jauh beda dengan Kamar. Tamu buka website Kamar Pelajar, cari kamar yang cocok, pesan dan bayar, lalu dapat deh kamarnya. Produk Pandu ini juga persis sama. Bedanya, Pandu ini menawarkan jasa pemandu (tour guide).

Jika Tamu sudah memesan pemandu yang diinginkannya, maka pemandu akan mendapat informasi dari admin Kamar Pelajar. Informasi yang diberikan kepada pemandu adalah profil tamu, kota tujuan, dan konfirmasi biaya pembayaran. Menariknya, pemandu di produk Pandu ini juga bisa menerima dan menolak pesanan yang dibuat oleh tamu. Setelah dinilai beres, Tamu bakal dapat pemandu, dan Sobat KP bisa menjelajah kota dengan senang hati.

Kapan dirilis?

Tapi kalian sabar dulu ya, produk Pandu dari kami ini rencananya dirilis pada Maret tahun ini. Namun, kami perlu beberapa pengembangan di website KP dengan adanya produk Pandu. Artinya, Pandu bisa dinikmati melalui website KP bulan depan. Ng, apa lagi ya? Yaudah deh, see you!!