Sepenggal Cerita dari Siberia

Rusia dikenal sebagai negara terluas di dunia, Rusia membentang di sebelah timur Eropa hingga utara asia. Kini Rusia menjadi wish list wisata yang ingin dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali turis asal Indonesia.

Banyak tempat wisata di Rusia yang menarik, unik dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang ingin datang ke Rusia. Tak hanya Landmark Kota seperti Red Square yang bisa kita temui di kota Moscow, pemandangan alam di Rusia juga sangat bagus dan tidak kalah menarik dengan negara-negara lain di eropa. Rusia memiliki salah satu kota yang luas seperti Siberia.

Kota Siberia, tahu kah kalian dengan Kota Siberia yang dikenal dengan daerah terdingin didunia? Siberia terletak di Rusia, yang bersebelahan dengan sisi utara Kazhastan, dan meliputi hampir seluruh wilayah utara Asia. Siberia memiliki kota besar yang terkenal salah satunya kota Novosibrisk, Novosibrisk terletak di siberia barat dibagian utara asia, memiliki 1,5 juta penduduk, Novosibrisk terkenal akan perkembangan seninya. Teater Opera dan Balet Akademi.

Kesan Pertama  di Siberia

Emma adalah seorang ibu rumah tangga yang kini tinggal di Kota Siberia, awal mula Emma datang ke Siberia ialah dari pertukaran pelajar pada tahun 2009 di salah satu Universitas di Siberia, selang beberapa tahun setelah belajar, Emma menikah dengan pria asal Rusia, yang saat ini telah dikaruniai 2 orang anak, Emma dan keluarga kini tinggal dikota Novosibrisk –siberia. Emma ingin berbagi pengalamannya selama tinggal di Siberia,

“Saat saya tiba di Siberia, banyak sekali tantangan yang saya hadapi untuk beradaptasi, mulai dari segi bahasa, di rusia sendiri menggunakan aksara kiril dan hal ini membuat saya untuk belajar bahasa Rusia secara otodidak sebelum berangkat ke Siberia. Ketika saya sampai di Siberia saya lansung disungguhi makanan ikan mentah itu yang membuat saya kaget karna saya tidak terbiasa dengan makanan tersebut. Di Siberia memang memiliki masakan khas yang bernama Stroganina yang dikenal dengan sashimi ala Rusia, Stroganina berupa hidangan ikan mentah yang terbuat dari ikan beku mentah dan diiris tipis memanjang biasanya hidangan ini dsajikan bersama saus yang terbuat dari garam dan lada hitam”.

Sumber: Quora.com

Benarkah, suhu  di Siberia sangat dingin?

Suhu di Siberia ini terkenal dengan dinginnya, di Siberia sendiri musim dingin berlansung tiga bulan yaitu bulan Desember, Januari, Febuari, tetapi kenyataannya diakhir bulan Oktober udara dingin sudah mulai terasa bahkan salju sudah turun dibulan November, dengan rata-rata suhu msuim dingin sekitar -10 celcius – -30 celcius, “Pertamakalinya saya berkunjung ke Siberia bulan November 2019, saya mengira dibulan tersebut masih musim gugur jadi sedikit hangat disana tetapi kenyataannya saat saya tiba salju sudah mulai turun”.

Sumber: Instagram.com/e.vinstory

Benarkah, penduduk lokal dikenal sangat ramah?

Karakter penduduk di Rusia dikenal memiliki sifat yang ramah dan dikenal tidak pamrih suka membantu orang lain, “saya memiliki pengalaman ketika saya sedang berjalan disekitaran Stasiun Metro saya mendorong Stroller bersama anak, tiba-tiba ada seorang penduduk lokal Rusia tanpa ia bertanya kepada saya, ia lansung membantu saya untuk mengakat stroller tersebut hal itu tentunya membuat saya kaget tetapi saya takjud dengan sifat yg suka membantu orang lain. dan ketika saya dan teman saya asal Colombia, kami sedang menjelajahi Moscow dan kami ingin Mengunjungi Red Square karena Red Square ini menjadi tempat bersejarah di Rusia. Saya bertanya arah jalan ke Red Square kepada penduduk lokal Rusia, tetapi orang tersebut tidak bisa berbahasa Inggris jadi ia lansung mengantar saya dan teman saya ke Red Square. hal ini lah yang dapat mengubah cara pandang orang tentang Rusia yang kenyataanya sifat asli penduduk lokal Rusia sangatlah ramah. Namun ada suatu hal yang jarang diketahuin jika orang Rusia tidak suka senyum kepada orang yang tidak dikenal, mereka akan tersenyum, ketawa, bercerita dengan orang terdekatnya saja.

Siberia kental dengan budayanya?

Budaya di rusia dikenal dengan sastra dan seni, banyak penulis filsuf, dan seniman hebat berasal dari rusia, di Rusia dan Siberia sudah terbiasa dengan kegiatan pameran seni, konser musik, pertunjukkan balet. Bahkan mulai deri segi pendidikan anak-anak disini sudah diajarkan bermusik, theater, balet, menari sejak dini agar dapat melestarikan budaya supaya budayanya tidak hilang dilekang oleh zaman dan budaya baru yang lebih modern. Di Siberia ada banyak festival budaya yang bisa dirayakan setiap tahunnya yang melibatkan tokoh adat untuk memimpin acara tersebut. Hal ini tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung

Hal yang menarik dari Siberia?

“Menurut saya hal yang membuat menarik beda dari yang lain dari rusia ialah pada perayaan Natal. seperti yang kita ketahui sebagian besar negara-negara di dunia merayakan Natal pada tanggal 25 Desember, tetapi berbeda dengan di Rusia yang merayakan Natal nya pada tanggal 7 Januari dikarenakan mayoritas penduduk disini menganut Kristen Ortodoks”. Ketika saya baru tinggal di siberia, saya baru mengetahui jika Natal di rusia berbeda tanggal dengan negara-negara lain dan perayaan hari raya Natal pun disini sangatlah sederhana tidak semeriah yg ada dinegara lain. Karena disini kristernya Ortodoks jika saya ke gereja pun harus memakai syal penutup kepala, dan memakai pakaian yg sederhana saja”

Sumber: Instagram.com/e.vinstroy

Pemandangan alam Siberia yang wajib dikunjungi?

Selai terkenal dengan kota terdingin didunia, Siberia memiliki keindahan alam yang membuat mata terpana dan mampu membius siapapun yang datang. Siberia memliki tempat yg patut dikunjungi salah satunya Pegunungan Altai “Gunung Altai adalah barisan pegunungan yang membentang di Asia Tengan dan melalui perbatasan negara Rusia, Tiongkok, Mongolia,hingga Kazakhtan. Berkat keindahannya sering disebut sebagai “Swiss Siberia”. Disana kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam  yang masih terjaga, sehingga mampu menenangkan jiwa dan raga ketika berlibur disana, ditambah bagi yang gemar berenang di sungai, memanjat gunung, menyusuri gua. Pegunungan Altai bisa sekaligus menjadi sarana olahraga yang tak akan pernah dilupakan. 

Sumber: Instagram.com/e.vinstory