Menempuh kuliah di Paris bukan sebuah hal yang mudah untuk semua orang. Ka Dinda adalah mahasiswi asal Depok yang saat ini sedang menempuh pendidikan S1 jurusan Business Management di Perancis yang akan membagikan keseruan jatuh bangun hingga bisa mendapatkan kesempatannya berkuliah di kota Menara Eiffel ini. 

Awal minat kuliah di Perancis?

Sewaktu di SMA Ka Dinda aktif mengikuti kegiatan ekskul bahasa dan culture, Ka Dinda memilih program Perancis, nah dari situ awal mula ketertarikan Ka Dinda mengenal lebih jauh budaya Perancis, lalu gurunya memberikan rekomendasi untuk Kak Dinda agar melanjutkan pendidikan di Perancis.

Setelah mencari tahu tentang pendidikan di Perancis melalui sumber internet dan sebagainya, Kak Dinda akhirnya yakin untuk pindah ke negara Perancis dan menempuh pendidikan S1 di sana, dengan awalan mengikuti program Au Pair.

Awal pertama kali menginjakkan kaki di Paris 

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Ka Dinda mengikuti kelas Bahasa Perancis langsung di Kota Paris, dan diikuti mencari Au Pair atau istilahnya pertukaran budaya dan bahasa, dimana kamu nanti akan tinggal dengan orang lokal disana dan sedikit membantu kegiatan personal dari host family tersebut. 

Ketika kalian mengikuti kegiatan Au Pair, kalian akan ditempatkan di sebuah keluarga Perancis untuk menjaga anak-anak mereka, membantu pekerjaan rumah tangga ringan dan sebagai gantinya kamu akan mendapatkan tempat tinggal dan makan. Ada pula yang memberikan uang saku. Setelah Kak Dinda mengikuti program Au Pair, ia akhirnya memutuskan untuk mengikuti program lain yaitu Apprenticeship.

Apa sih program Apprenticeship itu?

Program Apprenticeship adalah program pelatihan kerja yang menggabungkan pengalaman kerja di tempat kerja dengan studi teknis atau kelas. Program semacam itu dirancang untuk mengembangkan keterampilan kerja yang berguna bagi individu yang memasuki angkatan kerja. 

Contohnya seperti Kak Dinda yang mengikuti kelas kuliah dan juga kerja, tetapi digaji oleh company yang bersangkutan. Untuk program ini terbuka untuk umum, persyaratannya minimal berusia 18 tahun dan maksimalnya 28 tahun. Tetapi kalian harus mempunyai Residence permit, dengan cara kalian bisa tinggal 1 tahun dulu di Perancis, contohnya bisa dengan mengikuti kelas bahasa Perancis.

Bagaimana cara membagi waktu ala Kak Dinda?

Dari program ini Kak Dinda dibagi waktunya langsung dari company tersebut, ada masa dimana Kak Dinda bekerja seperti hari senin-rabu dan ada waktu dimana harus bekerja seperti hari kamis-jumat. Sisanya untuk hangout bersama teman dan mengerjakan tugas dari kantor. 

Saat sedang bekerja maupun kuliah, Kak Dinda melakukannya dengan konsentrasi yang penuh dan tidak mencampur kegiatan antara satu dengan yang lainnya, agar semua kerjaan dan tugas yang diberikan cepat tuntas.

Bagaimana cara persyaratan mengikuti kegiatan Au Pair?

Tidak ada syarat-syarat khusus bagi seseorang yang akan mengikuti program Au Pair ini. Akan tetapi, kebijakan negara mengenai program ini bisa saja menjadi pertimbangan khusus. Misalnya, ada beberapa negara yang melarang perempuan untuk mengikuti program Au Pair ini, tetapi ada juga yang mengkhususkan bagi perempuan.

Kriteria pekerja Au Pair yang paling umum diharapkan oleh keluarga penerima, adalah sebagai berikut.

1. Belum menikah dan berusia antara 18 tahun hingga 25 tahun.

2. Memiliki kesehatan yang baik dan menyukai dunia anak-anak.

3. Akan lebih diutamakan bagi mereka yang telah menguasai bahasa di negara tersebut, meskipun dalam tingkat dasar.

4. Seseorang yang pernah mengikuti kegiatan sosial akan menjadi nilai lebih.

Bagaimana awal tahu program Au Pair?

Kak Dinda awalnya mencari tahu melalui internet, setelah melakukan riset tentang program Au Pair, Kak Dinda menentukan keluarga yang akan tinggal bersamanya di Perancis. Untuk mencari keluarga yang akan tinggal bareng itu tidak mudah, butuh waktu dan ketelitian karena itu berkaitan dengan kenyamanan seseorang yang akan tinggal di negara lain yang tidak sama dengan negara kita

Tips ala Kak Dinda agar bisa mengikuti program Au Pair 

Tipsnya yaitu harus sedikit mengetahui sedikit bahasa asli dari negara yang ingin ditinggali, dan kuat mental karena kita disana tinggal bersama orang asing yang sebelumnya memang belum pernah terbiasa dengan budaya mereka.

Wah, Pengalaman Kak Dinda mengikuti program Au Pair dan Apprenticeship sangat menarik ya Sobat KP! Jadi menambah ilmu baru tentang program ini.. 😀

Hayo.. Siapa nih yang baru tahu tentang program ini? Tulis di kolom komentar ya Sobat KP! 🙂

Post your comment

Your email address will not be published.