Sukses Keliling Dunia Hingga 64 Negara, Begini Ceritanya

Keliling dunia mungkin merupakan impian setiap orang. Alangkah indahnya jika kita bisa menikmati indahnya pesona yang terismpan diberbagai penjuru dunia.

Andi Rohendi Nugraha, pria asal Purwakarta yang kini sedang menempuh pendidikan di University of Hambrug- Jerman. Sosok anak muda yang inspiratif yang memiliki hobi liburan keliling dunia sukses hingga ke 64 negara.

Perjalanan awal melanjutkan studi di Jerman

Sebelum melanjutkan studi di Jerman Andi adalah mahasiswa lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung. “Ketika saya masih kuliah di Bandung, saya memiliki banyak kenalan teman-teman dari univeristas lain di Bandung, saya sering melihat mereka kuliah sambil liburan ke luar nengeri, dan saya termotivasi untuk bisa liburan ke luar negeri dan mendapatkan beasiswa untuk lanjut studi di luar negeri, untuk bisa mendapatkan beasiswa saya berlajar bahasa inggris secara otodidak, mengapa saya belajar bahasa inggri? Karna kunci untuk mendapakan beasiswa adalah Bahasa, Ketika kita sudah bisa menguasai bahasa negara yang ingin kita tuju peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut sangatlah mudah.Alhamdulillah, hasil kerja keras saya belajar bahasa inggris secara ototdidak saya mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, yaitu di Jerman

Sumber: Instagram.com/Jurnaljalan2

Awal cerita menjelajah hingga 64 negara

Saat mengenyam pendidikan di Jerman, Andi menyempatkan diri untuk liburan hingga ke 64 negara, yang berawal  dari keliling eropa seperti Paris, Belanda, Portugal, Italia, Belanda, Jerman. Menurut Andi kuliah dan liburan keluar negeri banyak membuka pandangan baru soal budaya hingga perbedaan.

“Ketikasaya berlibur ini menambah wawasan saya, mengenal kedisplinan dan disetiap negara pastinya memiliki kedisiplinan yang berbeda jadi saya lebih mengerti kenapa kita harus tertib, dan tepat waktu. Setiap saya mengunjungi negara-negara, saya pasti bertemu dengan teman baru di sana, dari  teman baru saya ini saya mendapatkan cerita dan pengalaman orang lain yang saya temui.

Ketika saya berlibur ke luar negeri, saya cuman bermodal nekat sama yakin. Soalnya sebelumya saya tidak pernah kesana dan nggak punya teman di negara yang saya tuju ini, tetapi sesampainya saya disana saya banyak bertemu penduduk lokal atau wisatawan. Dari pertemuan tersebut saya jadi memiliki relasi baru bahkan ikut berlibur bareng dengan teman baru saya. Memiliki teman baru yang satu frekuensi, bisa menambah keseruan dari cerita berlibur ke suatu negara

Sumber: Instagram.com/Jurnaljalan2

Tips & Trick keliling Dunia?

“Sebelum saya mengunjungi suatu negara, pastinya saya mencari referensi tempat-tempat yang wajib dikunjungi di negara tersebut, karena saya suka ke tempat yang jarang dikunjungi wisatawan, Jadi ketika saya berlibur saya selalu 

  1. Cari informasi negara yang akan dituju. Sseperti mencari referensi tempat wisata yang jarang dikunjungi Wisatawan, Menurut saya, saat saya mengunjungi tempat wisata yang jarang di kunjungi saya jadi memiliki pengalaman yang berbeda dengan orang lain.
  2. Cari tiket akomodasi. Tiket pesawat atau kereta biasanya saya pesan dari jauh-jauh hari bahkan beberapa bulan sebelum berangkat sudah saya pesan supaya harga tiketnya lebih terjangkau 
  3. Cari penginapan. Untuk mencari penginapan biasanya saya mencari yang murah seperti di hostel atau menginap di rumah warga lokal yang disewakan caranya bisa pesan di website seperti Airbnb, atau ketika tempat yang saya tuju saya memiliki teman saya bisa menginap dirumahnya untuk beberapa hari.
  4. Menyiapkan dana. Untuk dana ini hal yang paling penting ketika saya ingin pergi ke suatu negara. Setelah saya mencari informasi negara atau tempat yang saya ingin kunjungi, saya mengitung dana yang diperlukan dan menanbung selama beberapa  bulan 

Negara Impian yang sudah dikunjungi?

“Pada bulan Januari 2022, saya berkesempatan untuk bisa pergi liburan ke Norwegia untuk melihat Aurora secara lansung. Aurora adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya yang menyala-nyala dan menari-nari dilangit malam hari. Impian saya dari dulu, ketika masih di Indonesia itu bisa melihat Aurora dengan mata saya Akhirnya setelah mencari-cari infomasi tempat yang bagus untuk bisa melihat Aurora, saya memutuskan untuk ke Norwegia di kota Lyngen, alasan saya memilih Norwegia ialah alam yang disuguhkan sangatlah perfect.  Pegunungan, salju, danau, dan pergerakan awan di Norwegia cepat sekali,  jadi selain melihat Aurora, kita juga melihat pemandangan yang keren. Liburan ke Norwegia dan bisa melihat Aurora menari-nari diatas saya, suatu momen yang membuat saya bersyukur akan keindahan alam semesta.  Tak henti saya menitikkan air mata, karena akhirnya saya bisa mewujudkan mimpi saya dari dulu.

Sumber: Instagram.com/Jurnaljalan2

Hal yang di dapat ketika berlibur ke luar negeri

Menurut Andi,  pergi keluar negeri bukan sekedar pamer, tetapi mengajarkan banyak hal. “Kita tidak tahu di luar bagaimana. Ke luar negeri kita bisa belajar banyak, contohnya seperti budaya Antri, harus tertib pada peraturan di setiap negara, toleransi beragama, budaya setiap negara. Setiap liburan mengajarkan saya arti kehidupan,  dan berlibur ke luar negeri dapat memeperluas cakrawala,  memberi cerita berbeda yang akan manis dikenang.