Makanan dari Berbagai Negara yang Wajib Dicoba saat Musim Panas

 

Halo, sobat KP! Bagaimana nih kondisi cuaca di tempat tinggal kalian? Sudah kemarau atau masih sering hujan? Apapun kondisinya, stay hydrated ya!

Tentunya di Indonesia hanya ada dua musim, ya. Musim kemarau dan juga musim penghujan.

Nah, berbeda halnya dengan negara-negara subtropis yang memiliki 4 musim. Di bulan ini, di negara subtropis sedang memasuki musim panas. Itu berarti musim liburan telah tiba!

Ngomong-ngomong soal liburan, biasanya kegiatan apa sih yang kalian lakukan saat liburan? Traveling? Kulineran? Atau jalan-jalan ke tempat wisata terdekat? Pastinya kalian punya cara sendiri untuk menikmati liburan dong ya!

Liburan itu pastinya kurang afdol dong tanpa yang namanya hunting makanan atau kulineran. Terutama bagi kalian yang hobinya traveling, Nih! Nah, aku mau kasih tau nih rekomendasi-rekomendasi makanan-makanan dari berbagai negara subtropis yang wajib banget kalian coba saat musim panas. Yuk, simak!

 

  1. Naengmyeon, Korea Selatan

(Sumber foto: Wikipedia)

Naengmyeon ini adalah salah satu hidangan populer sekaligus menjadi menu andalan setiap restoran saat musim panas di negeri gingseng, Korea Selatan.

Secara harfiah, naengmyeon artinya mie dingin. Iya, benar. Hidangan mie ini disajikan dingin dengan mie yang tipis dan kenyal yang dimana terbuat menggunakan soba dan tepung ubi jalar atau kentang.

Fakta dari hidangan yang satu ini yaitu hidangan ini bermula ramai di Korea Utara lho, Sobat KP! Dikarenakan orang-orang di Utara banyak yang melarikan diri setelah terjadinya perang di Korea, pada akhirnya hidangan ini menjadi sangat terkenal di Korea Selatan.

Balik lagi kita bahas bagaimana sih naengmyeon ini disajikan? Nah, hidangan ini memiliki dua penyajian yang berbeda, Sobat KP!

Yang pertama yaitu mul naengmyeon, mul naengmyeon ini disajikan dengan kuah bening dari kuah kaldu sapi atau kuah kimchi air lobak.

Kedua, yaitu bibim naengmyeon. Untuk versi hidangan mie dingin ini disajikan dengan campuran saus merah pedas khas Korea.

Naengmyeon tidak hanya dijual di restoran saja, tapi juga banyak dijual dalam bentuk frozen yang dimana sudah terdapat bumbu-bumbu pelengkap siap saji di dalam kemasannya lho, Sobat KP!

Jadi, untuk kalian yang seorang backpacker yang sedang mengunjungi negeri gingseng ini dan ingin lebih menghemat, kalian bisa coba mie dingin ini versi instannya! 😀

 

  1. Kakigouri, Jepang

(Sumber foto: tokyocheapo.com)

Yuk mari sekarang kita melipir ke negeri sakura, Sobat KP!

Musim panas di Jepang memang panas banget, lho! Mending kita langsung cari aja nih es serut khas jepang yang menggiurkan dan menyegarkan banget!

Namanya, kakigouri. Hidangan pencuci mulut ini adalah es serut khas Jepang yang sangat populer oleh warga lokal maupun warga mancanegara pada musim panas. Es serut ini biasanya diberi sirup pemanis beraneka rasa buah maupun susu, dihidangkan juga dengan topping ataupun potongan buah-buahan segar sebagai pelengkapnya.

Tau gak sih? Ternyata pada saat zaman dahulu kala, kakigouri ini hanya bisa dinikmati oleh para kaum bangsawan di Jepang, lho!

Kalau sekarang sepertinya bagi para wisatawan asing wajib banget menyantap es serut ini saat liburan musim panas di Jepang, ya! ^^

 

  1. Meggyleves, Hungaria

(Sumber: tasteatlas.com/meggyleves)

Sebelumnya kita telah membahas mie dingin, dan sekarang ada lagi nih rekomendasi makanan segar lainnya untuk kalian yaitu sup dingin asal Hungaria. Sup dingin ini rasanya manis keasaman yang terbuat dari ceri asam dan sour cream. Cocok banget lho untuk menemani musim panas kalian dengan makan yang segar-segar seperti ini!

Sup dingin asal Hungaria ini bernama Meggyleves, atau juga bisa dikenal dengan nama Hideg Meggyleves, Meggykeszőce atau Cseresznyeleves.

Meggyleves ini termasuk hidangan tradisional orang Hungaria saat musim panas lho, Sobat KP!

Bagi orang Hungaria, olahan sup menyegarkan yang satu ini biasanya disajikan sebelum hidangan utama. Atau bisa disebut juga sebagai hidangan appetizer. Biasanya hidangan ini akan ramai ketika sudah waktunya musim buah ceri.

 

  1. Affogato, Italia

(Sumber foto: sprudge.com)

Espresso bertemu dengan es krim vanila. Sobat KP pasti sudah pada tahu dong sama hidangan pencuci mulut khas Italia ini. Ya, affogato.

Affogato ini adalah menu pencuci mulut yang menyegarkan bercampur dengan espresso yang begitu nikmat yang akan membuat musim panasmu semakin bersemangat.

Affogato dalam bahasa italia yaitu “Ahfogatoe” yang berarti tenggelam. Maksudnya adalah menggambarkan satu scoop es krim vanila dilumuri espresso yang biasanya disajikan dalam cangkir atau mangkok kecil.

Agar affogato ini semakin nikmat, biasanya es krim vanila yang digunakan bukan sembarang es krim lho, Sobat KP! Melainkan menggunakan gelato, yaitu es krim khas Italia yang dikenal lebih mengandung sedikit lemak daripada es krim biasanya. Selain menggunakan gelato vanila yang di mana merupakan rasa umum dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, affogato ini bisa juga menggunakan gelato coklat.

Cara penyajiannya juga bisa ditambahkan topping seperti potongan kacang almond, minyak zaitun, lumuran coklat, dan sebagainya agar affogato-mu semakin nikmat!

 

  1. Ceviche, Peru

(Sumber foto: centralamerica.com)

Hidangan yang terbuat dari ikan mentah ini semakin menyegarkan lho kalau ditambah dengan perasan lemon! Pas banget kan di cuaca panas begini makan makanan olahan ikan seperti ceviche yang seperti ini.

Ceviche adalah hidangan nasional Peru yang terdiri dari ikan mentah atau kerang yang direndam dalam air jeruk nipis dan dibumbui dengan garam, bawang, dan cabai. Nah, karena pengaruh keasaman dari air jeruk nipisnya, tekstur dan warna ikan dapat berubah dari merah muda menjadi putih.

Orang Peru lebih menyukai bahan-bahan segar. Jadi, ikan yang diolah untuk ceviche biasanya disiapkan kurang dari satu jam setelah ikan tersebut ditangkap.

Selain itu, ikan segar sangat penting untuk ceviche ini karena ikan dan kerang yang sudah tidak segar lagi dapat menyebabkan keracunan makanan.

Untuk rasa ceviche itu sedikit asam dan pedas, ditambah dengan aroma laut yang kuat. Secara tradisional, hidangan ini disajikan di atas selada dengan potongan kecil jagung, potongan ubi jalar, dan yuca rebus. Lalu ada juga yang namanya cancha sebagai tambahan lauk lezat yang terbuat dari biji jagung besar yang dipanggang dengan garam dan minyak.

Mulai dari hidangan appetizer hingga hidangan pencuci mulut, itulah dia beberapa rekomendasi makanan lezat dari berbagai negara saat musim panas.

Wah semuanya hidangannya terlihat sangat menggiurkan dan menarik untuk dicoba ya, Sobat KP!

Jadi, untuk kalian yang memiliki kesempatan traveling saat musim panas tahun ini dan mengunjungi salah satu negara yang telah disebutkan di atas, jangan lupa sempatkan waktu untuk kulineran dan cicipi salah satu makanannya, ya! Supaya liburan musim panas kalian semakin lengkap!


Happy holiday, Sobat KP!