Kantor Pemerintah sebagai Tempat Wisata? Emang Ada?

Hai Sobat KP! Bagaimana kabar kalian semua? Kali ini aku mau ajak kalian jalan-jalan ke kota yang kantor pemerintahannya dijadikan sebagai destinasi wisata kota tersebut. Mana sih kira-kira? Udah tau belum? Yaps, kotanya adalah Berlin, Jerman. Pasti udah nggak sabar dong untuk tau kira-kira kota mana yang kantor pemerintahannya dijadikan sebagai destinasi kota tersebut. Nah, kali ini kita akan jalan-jalan ke Berlin nih Sobat KP. Eits jangan khawatir, Sobat KP tidak perlu mengeluarkan uang karena destinasi kita kali ini gratis loh

Sumber: https://unsplash.com/s/photos/reichstag

9 Juni 1884, merupakan tanggal, bulan, dan tahun dimana Gedung Reichstag didirikan. Letaknya berada di pusat kota Berlin, tepat di sebelah Gedung Bradenburg. Pembangunan gedung ini berlangsung selama 10 tahun. Dulunya, gedung ini sempat dijadikan sebagai gedung tempat parlemen kekaisaran Jerman akan bersidang. Pada bagian atas di gerbang utama terdapat tulisan “Dem Deutschen Volke” yang berarti “Untuk Rakyat Jerman,” karena bisa dikatakan, gedung ini dijadikan sebagai hadiah untuk para rakyat Jerman. Namun, sebelum gedung ini dijadikan sebagai destinasi, Reichstag mengalami kontroversi yang cukup hebat loh Sobat KP! Penasaran gak sih? Yuk kita ulas sama-sama!

Pada masa pemerintahan Hitler di  tahun 1933, Gedung Reichstag habis dilahap si jago merah.  Api baru padam ketika tengah malam. Kemudian pada tahun 1945, tentara Uni Soviet mengibarkan bendera di atas gedung Reichstag. Tepatnya adalah pada saat  pertempuran Berlin, di Perang Dunia II. Perang tersebut merupakan momen paling bersejarah, karena Jerman mengalami kekalahan luar biasa besar. Selain itu, kekalahan Jerman kali ini menyebabkan banyak korban jiwa tewas di tangan Uni Soviet. Gedung ini juga sempat terbengkalai cukup lama, sebelum akhirnya direkonstruksi oleh salah satu arsitek ternama di Eropa. Nah, Sobat KP penasaran nggak sih kira-kira siapa sih sosok arsitek di balik bangunan Reichstag ini? Scroll terus sampai bawah karena mimin akan memperkenalkan siapa sosok tersebut! 

Sosok arsitek di balik keindahan Gedung Reichstag

Di balik keindahan setiap bangunan, pasti memiliki seorang arsitektur yang mendesain dengan indah bangunan tersebut. Sama halnya dengan gedung Reichstag ini.  Ia dirancang oleh arsitektur Inggris yang terkenal dengan bangunan-bangunannya yang sangat modern, bernama Norman Foster, atau yang sering dipanggil Foster. 

Sumber: Pinterest

Foster lahir di Inggris, pada tanggal 1 Juni 1935. Wah pasti Sobat KP sudah bisa menebak sendiri dong kira-kira sekarang umurnya berapa? Yap betul sekali, 87 tahun! Sejak masih muda hingga di usianya yang sekarang, Foster sudah menerima banyak sekali penghargaan dan hadiah karena kesuksesannya sebagai arsitektur. Ditambah lagi, Foster mendapatkan gelar kebangsaan dari Ratu Elizabeth II pada tahun 1990 yaitu “Lord Foster of Thames Bank, Reddish.” Wah, Sobat KP kebayang nggak sih bagaimana kerennya sampai bisa mendapat gelar kebangsaan oleh seorang Ratu Inggris? 

Selain itu, beliau juga dianugerahi Royal Gold Medal dan Medali Emas pada tahun 1983 dan 1991 oleh Akademi Arsitektur Prancis. Foster juga mendapatkan penghargaan paling bergengsi di bidang arsitektur pada tahun 1999 yaitu Pritzker Prize. Masih banyak lagi nih penghargaan yang didapat oleh Foster, Sobat KP! Ada yang tau nggak berapa penghargaan yang didapat? Mimin kasih tau aja deh untuk Sobat KP. Foster sudah mendapat penghargaan hingga ratusan loh! Keren banget kan! Sudah cukup berkenalan dengan siapa sosok arsitektur di balik gedung Reichstag, sekarang kita lanjut ke bangunannya yuk!

Bangunan Baru Gedung Reichstag

Sumber: https://unsplash.com/s/photos/reichstag

Setelah direkonstruksi, gedung ini memiliki bangunan dengan rancangan arsitektur berupa kubah di bagian atap setinggi 23 meter yang berbentuk corong dan menggunakan kaca. Reichstag dibuka setiap hari untuk para turis yang ingin berwisata mulai dari pukul 08.00-00.00. Oh ya Sobat KP, di bagian atas juga terdapat restoran yang dibuka umum untuk para masyarakat dan turis yang ingin berkunjung kesana. For your information, kita juga bisa mendapat kesempatan menghadiri sidang paripurna loh Sobat KP! Namun untuk berkunjung kesana, kita bisa registrasi melalui website Deutscher Bundestag atau bisa melalui link berikut ini https://www.bundestag.de/en/visittheBundestag/dome/registration-245686 

Wah ternyata banyak sekali ya peristiwa di Gedung Reichstag sebelum menjadi gedung yang indah  dan dijadikan sebagai destinasi tempat wisata. Selain bangunannya yang indah, ternyata banyak sekali sejarah di dalamnya yang sangat cocok untuk diketahui dan dikunjungi ya Sobat KP. Gimana nih Sobat KP? Sudah siap untuk berkunjung ke Reichstag di Jerman belum? Kalau sudah, jangan lupa untuk tetap pesan kamar di website Kamar Pelajar ya! Ga pake lama. Klik aja www.kamarpelajar.id/kamar atau kalau butuh pemandu bisa ke www.kamarpelajar.id/pandu 

Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!