Sistem Pendidikan di Belanda

Hai Sobat KP! Di bulan September biasanya sekolah dan universitas di Eropa sudah memulai tahun ajaran baru loh!. Kira-kira Sobat KP punya wishlist kampus impian nggak? Pastinya kalian sudah punya banyak list ya! Mimin doakan  semoga mimpi-mimpi keren kalian bisa terkabul, Amin. Nah, kali ini mimin akan membahas sistem pendidikan di Negeri Kincir Angin. Wah.. jadi nggak sabar nih! Yuk ikuti mimin terus.

Sumber: https://architectenweb.nl/media/illustrations/2020/06/d871bd7f-ca02-4f6b-98f5-19e4d7fd4557_400.jpg

Pendidikan di Belanda itu wajib (Belanda:leerplicht). Usia sekolah di sana dimulai dari 5 hingga 16 tahun, tetapi kebanyakan anak memulai sekolah dasar pada usia empat tahun. Walaupun struktur pendidikan dasar di Belanda terlihat sederhana tapi struktur sistem pendidikan menengah di Belanda seringkali membingungkan, dikarenakan banyaknya jalur dan standar usia kelulusan. Sekolah menengah di Belanda serupa dengan yang ada di sebagian besar negara lain, seperti Preparation for Vocational Training (Belanda:Voorbereidend Middelbaar Beroepsonderwijs (VMBO), dan satu lagi untuk mempersiapkan siswa masuk universitas (Belanda: Voorbereidend Wetenschappelijk Onderwijs (VWO)

Perbedaan utama dengan sistem pendidikan di Belanda dengan negara lain adalah adanya Preparation students for Applied Sciences University yaitu, mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas ilmu terapan (Inggris:Applied Science, Belanda: Hogescholen)

Jenjang Pendidikan di Belanda

Sumber: 800px-Dutch_Education_System-en.svg

Daycare/ crèche/ Kindergarten (kinderopvang, kinderdagverblijf, peuterspeelzaal)

Sampai usia lima tahun, bayi dan anak kecil di Belanda dapat mengikuti berbagai pilihan pendidikan Daycare tidak wajib seperti crèche, taman kanak-kanak atau pengasuhan anak. Orang tua atau kerabat juga bisa menjaga mereka.

Sekolah Dasar (Basisonderwijs)

Sekolah dasar (lagere school) memiliki delapan tingkatan, yang dikenal sebagai groepen, mulai dari Groep 1 (4 tahun) hingga Groep 8 (12 tahun). Siswa bersekolah di sekolah dasar selama delapan tahun, sampai mereka berusia 12 tahun, di mana mereka memperoleh keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Mereka juga akan mulai belajar bahasa Inggris pada saat mereka mencapai Groep 7. 

Sekolah Menengah

Sekolah Menengah di Belanda dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • Voorbereidend Middelbaar Beroepsonderwijs (VMBO)

VMBO adalah Pendidikan Menengah Kejuruan yang berlangsung empat tahun. VMBO mengajari siswa dari berbagai tingkat dan kemampuan. Bergantung pada seberapa baik mereka belajar di VMBO, seorang murid mungkin memiliki pilihan untuk menghadiri ‘HAVO’. Pilihan lain adalah untuk melanjutkan ke Senior Secondary Vocational Education and Training Institution atau disebut ‘MBO’ Middelbaar Beroepsonderwijs.

  • Hoger Algemeen Voortgezet Onderwijs (HAVO) 

HAVO adalah Pendidikan Menengah Atas dengan masa studi selama lima tahun, ditujuhkan untuk mempersiapkan siswa kejenjang lebih tinggi yaitu universitas ilmu terapan (hogescholen), di mana mereka dapat melanjutkan sarjana di Universitas ilmu terapan/ Applied Sciences (HBO). Siswa menyelesaikan HAVO sekitar usia 17 tahun.

  • Voorbereidend Wetenschappelijk Onderwijs (VWO)

VWO adalah  pendidikan enam tahun yang fokus pada pengetahuan teoretis.  Siswa VWO di sekolah dikenal sebagai atheneum dan gymnasium, mereka menyelesaikan pendidikan sekitar usia 18. VWO dianggap sebagai jalur pendidikan yang lebih ketat daripada HAVO. Kurikulum yang digunakan untuk mempersiapkan siswa masuk universitas ‘WO’. Banyak sekolah menengah menawarkan kelas transisi campuran, seperti mereka yang memiliki VMBO/HAVO atau HAVO/VWO.

Pendidikan Vokasi

Middelbaar Beroepsonderwijs (MBO)

MBO (middelbaar beroepsonderwijs; Indonesia: pendidikan terapan/vokasi) berorientasi pada pelatihan kejuruan dan setara dengan pendidikan perguruan tinggi vokasi. Banyak siswa dengan ijazah VMBO menghadiri MBO. MBO berlangsung selama satu hingga empat tahun, tergantung pada levelnya. Ada 4 level yang ditawarkan kepada siswa: 

MBO level 1: Pelatihan asisten (Assistant training.). Itu berlangsung maksimal 1 tahun. Ini difokuskan pada tugas-tugas eksekutif sederhana. Jika siswa lulus, mereka dapat mendaftar ke MBO level 2.

MBO level 2: Pendidikan kejuruan dasar (Basic vocational education). Program ini berlangsung 2 sampai 3 tahun dan difokuskan pada tugas-tugas lebih rumit.

MBO level 3: Program ini berlangsung selama 3 hingga 4 tahun. Siswa diajarkan untuk melakukan dan menciptakan proyek mereka secara mandiri.

MBO level 4: Middle Management VET, berlangsung 3 hingga 4 tahun. Disini di fokuskan pada persiapan di dunia kerja dengan tanggung jawab yang lebih tinggi. 

Siswa di MBO sebagian besar berusia antara 16 dan 35 tahun. Siswa yang sedang melakukan magang pada tahun terakhir mereka MBO biasanya berusai lebih dari >25 tahun . Setelah MBO (4 tahun), siswa dapat mendaftar di HBO atau memasuki pasar kerja. Banyak jenis pendidikan MBO yang berbeda, biasanya ditawarkan di Pusat Pendidikan Regional /Centrum Opleidingen regional (ROC). Kebanyakan ROC terkonsentrasi pada satu atau beberapa lokasi di kota-kota besar. 

Pendidikan Tinggi/ Higher Education 

Pendidikan tinggi di Belanda terdiri dari dua jenis institusi: Universitas Ilmu Terapan/ University Applied Science (hogescholen; HBO), terbuka untuk lulusan HAVO, VWO, dan MBO, dan Universitas riset (universiteiten; WO) terbuka hanya untuk lulusan VWO dan HBO termasuk HBO propaedeuse-graduates).

  • Hoger Beroepsonderwijs (HBO)

Pendidikan (hoger beroepsonderwijs, HBO) ditawarkan oleh universitas ilmu terapan/ University Applied Science (hogescholen). Program di HBO cenderung lebih berorientasi praktis daripada teoritis.  Program sarjana HBO terdiri dari 240 SKS dalam 4 tahun, dan lulusannya memperoleh gelar yang menunjukkan bidang studi mereka, misalnya Sarjana Teknik (B.Eng.) atau Sarjana Keperawatan (B.Nursing) .Mereka juga dapat melanjutkan ke master dan PhD di University Applied Science.

  • Wetenschappelijk Onderwijs (WO)

Pendidikan Wetenschappelijk Onderwijs (WO) biasanya ditawarkan oleh Universitas Research. Program di universitas riset fokus kepada aspek teoritis yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melakukan penelitian independen. Program sarjana WO membutuhkan 180 SKS dalam 3 tahun dan lulusan memperoleh gelar Bachelor of Arts, Bachelor of Science atau Bachelor of Laws (B.A./B.Sc./LL.B.), tergantung pada jurusan. Mereka dapat melanjutkan gelar Master dan PhD di Universitas Riset. 

Gimana nih kesan kalian setelah membaca artikel mimin? Sistem pendidikan di Belanda terlihat agak rumit ya? Eits, meskipun begitu, tapi Belanda termasuk Top 10 sebagai The Best Education System in the World. Jadi gimana nih Sobat KP. Apakah kalian tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Kincir Angin? Pastinya dong! Mimin doakan agar Sobat setia KP bisa ikut merasakan pendidikan di Belanda. Kalau mau liburan ke Belanda, boleh banget kunjungi www.kamarpelajar.id/kamar atau www.kamarpelajar.id/pandu lho. See you soon!