Dibilang kembaran Indonesia? Emang negara apa sih?

Halo sobat KP. Gimana kabarnya? Kali ini mimin mau tanya deh sebagai warga negara Indonesia, kita kan tahu kalau Indonesia terkenal dengan sebutan negara kepulauan. Nah kira-kira ada gak negara lain yang sama punya sebutan sebagai negara kepulauan. Hayo tebak! Hihi yaps Filipina.

Apa yang terbesit di pikiran kalian saat mendengar kata Filipina? Haha tenang, Mimin ga akan bahas MariMar disini walau film itu terkenal banget membawa nama Filipina ke Indonesia ya? Oke lanjut aja, informasi garis besar tentang negara Filipina.Yuk simak.

Sumber: https://www.responsibletravel.com/holiday/11253/japan-taiwan-and-the-philippines-small-ship-cruise

Filipina adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang memiliki ibu kota Manila. Filipina merdeka pada tanggal 12 Juni 1898, yang ditandai dengan berakhirnya perang dengan Spanyol. Filipina memiliki luas wilayah 343.448 Km persegi dan merupakan negara kepulauan terbesar ke-2 di Asia Tenggara.

Sobat KP tau gak sih? Filipina juga disebut sebagai kembaran negara Indonesia? Wah kok disebut kembaran ya? Memangnya apa aja yang mirip? Nah, Mimin akan jabarin hal itu disini.

1. Kondisi geografis 

Filipina negara beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Namun, iklim di Filipina sangat dipengaruhi oleh angin muson, angin pasang timur laut, dan angin topan. 

Sumber: https://en.m.wikivoyage.org/wiki/File:Map_of_Philippines_(en).png

Secara astronomis, Filipina terletak pada 4 derajat LU – 21 derajat LU dan 116 derajat BT – 128 derajat BT. Filipina juga merupakan negara kepulauan dengan jumlah 7.107 pulau. Wah hampir sama banyaknya ya seperti Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, Filipina sering mengalami gempa dan juga memiliki banyak gunung berapi aktif, karena dilalui oleh Sirkum Pasifik.

2. Mayoritas mata pencaharian penduduk 

Sumber: https://mindanaotimes.com.ph/wp-content/uploads/2022/01/rice1-scaled.jpeg

Teman-teman KP tau gak? Apa mayoritas mata pencaharian negara Filipina? Yaps petani. Kondisi geografis yang cukup subur dan beriklim tropis, membuat sebagian besar masyarakat Filipina menjadi petani. Hasil pertaniannya antara lain: padi, kelapa, abaka, nanas, dan gula. Didukung banyaknya pulau, masyarakat Filipina juga banyak yang bekerja sebagai nelayan sama seperti Indonesia. 

3. Sistem pemerintahan 

Filipina adalah negara kesatuan dan juga negara republik, karena mereka juga terdiri dari banyak suku dan memiliki banyak bahasa. Jumlah suku di Filipina adalah 100 suku bangsa dan ada 120-187 bahasa di Filipina. Bahasa nasional mereka yaitu bahasa Filipino dan Inggris.

4. Terkenal akan wisata gunung dan pantai

Sumber: unsplash.com by Hector Periquin

Filipina yang merupakan negara kepulauan, membuat negara ini memiliki banyak wisata pantai, bukit, dan juga gunung.

 Salah satu pantai yang terkenal adalah Boracai, El Nido, Caramoan, Pulau Siargo, bukit Chocolate Hills, Pulau Malapacua, Sawah Banaue, Gunung Mayon dan masih banyak lagi. List wisata itu adalah list wisata paling populer di kalangan turis. 

Gimana sobat KP? Penasaran lebih lanjut ngga tentang Filipina? Apalagi tadi udah di spill wisata yang paling populer di sana. Tertarik untuk ke sana  Hihi. Jangan lupa gunakan Kamar Pelajar agar mendapatkan tempat penginapan yang aman dan nyaman.  Nah, untuk informasi lebih lanjut, silakan klik ke www.kamarpelajar.id/kamar🙂