Hindari Hal-Hal Ini Ketika Kamu Berwisata di Belanda

 

Sumber foto: https://www.anekawisata.com/16-tempat-wisata-di-belanda-yang-wajib-dikunjungi.html 

Sudah masuk musim semi, nih! Sobat KP punya keinginan atau rencana buat traveling ke luar negeri gak? Ya buat sekedar melepas penat dari rutinitas yang dijalani atau mau melihat cherry blossom yang cantik bermekaran. Mungkin negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin yang satu ini cocok jadi tempat liburan sobat KP!

Ya, Belanda… Negara yang indah dan memiliki banyak banget tempat destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Eits… Tapi pastinya di setiap tempat di manapun itu punya yang namanya peraturan atau hal-hal yang harus dihindari yang gak boleh dianggap remeh demi kenyamanan bersama.

Nah, kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja sih yang tidak boleh dilakukan dan dihindari saat kita lagi di Belanda. Yuk mari simak artikelnya!

  1. Tidak Tertib di Eskalator

Sumber foto: https://umumsekali.com/2020/03/diam-atau-berjalan-mana-yang-lebih-baik/

Hal yang pertama yang harus dihindari sobat KP saat di Belanda adalah tidak tertib saat menggunakan eskalator. Tentunya menaiki eskalator di Belanda tidak sama seperti di Indonesia di mana kita biasanya berdiri diam dan berjejer di sisi kanan dan kiri tangga dengan orang di samping kita. Namun kalau di Belanda, sobat KP harus mengikuti budaya orang Belanda yang tertib saat menggunakan eskalator. Di sana, bagian sisi kanan tangga eskalator digunakan untuk pengguna yang hanya ingin berdiri dan diam saat sedang naik atau turun lantai. Kemudian di bagian sisi kiri tangga eskalator biasanya digunakan untuk pengguna yang sedang terburu-buru.

  1. Berjalan di Jalur Sepeda

Sumber foto: https://gedebudi.home.blog/2019/03/30/the-dutch-way-infrastruktur-bersepeda-di-belanda-bagian-5/ 

Nah selanjutnya, disetiap sudut kota di Belanda sudah banyak banget jalur sepeda karena di Negeri Kincir Angin itu sangat ramah pengguna sepeda bahkan sepeda sudah menjadi transportasi utama untuk warga Belanda. Sepeda digunakan warga sana untuk beraktivitas setiap harinya, bahkan jalur sepeda di sana terkadang suka macet seperti jalur kendaraan bermesin. Maka dari itu, jika sobat KP berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua dan empat di dalam jalur sepeda, hal itu akan sangat mengganggu pengguna sepeda.

  1. Jalan Bergerombol

Sumber foto: https://travel.detik.com/international-destination/d-2824789/tulip-island-di-amsterdam-tulip-tak-hanya-mekar-pada-musim-semi  

Jumlah wisatawan asing pasti akan meningkat ketika musim liburan tiba. Banyak dari mereka yang ingin menghabiskan dan menikmati liburannya di Negeri Kincir Angin ini. Maka dari itu pasti jalanan atau spot-spot liburan di Belanda semakin ramai pengunjung. Terkadang untuk warga lokal sendiri akan tidak suka dan merasa terganggu kalau ada wisatawan yang berjalan bergerombol hingga menghalangi jalan.

  1. Mudah Tersinggung

Sumber foto: https://theplanetd.com/best-day-trips-from-amsterdam/ 

For your information, orang Belanda itu kalau bicara to the point banget nih sobat KP! Mereka akan berbicara sesuai seperti yang mereka pikirkan dan mengungkapkan sesuatu apa adanya, tidak bertele-tele. Mungkin untuk sobat KP yang tidak terbiasa dengan hal itu akan berpikir kalau ucapan dari mereka kasar. Jadi sebaiknya kalau sobat KP liburan di sana jangan terlalu terbawa perasaan dan tersinggung dengan warga di sana, ya!

  1. Membuat Pesta di Hari Kerja

Sumber foto: https://www.istockphoto.com/id/foto/teman-menari-gm501387734-81295251 

Mengadakan pesta atau acara makan bersama bareng teman-teman dan keluarga pasti akan membuat liburan sobat KP makin berwarna. Namun, sobat KP juga tidak boleh mengadakan acara di Belanda saat hari kerja, ya! Biasanya orang Belanda juga menahan diri buat gak bikin pesta di hari kerja karena mereka butuh istirahat setelah bekerja seharian. Jadi, biasanya warga di sana membuat pesta saat akhir pekan saja.

Nah itu dia hal-hal yang harus sobat KP hindari saat liburan di Belanda, ya!

Jadi, sebaiknya jangan anggap remeh dan menghormati peraturan dimanapun kalian berada ya, Sobat KP!