Mengenal Keunikan Festival Up Helly Aa di Skotlandia

Festival Up Helly Aa di Skotlandia secara harfiah berarti “Malam Besar,” atau sebuah festival yang menyala-nyala di tengah dinginnya winter di Shetland. 

Kata menyala disini mungkin terdengar membingungkan untuk Sobat KP, kan? Akan tetapi itulah keunikan dari festival ini.

Kita akan sama-sama menggali lebih dalam keunikan dan pesona Festival Up Helly Aa, sebuah perayaan yang telah menjadi penanda identitas budaya Shetland dan menyulut semangat ribuan orang setiap tahunnya.

Sejarah Festival Up Helly Aa

Sejarah Festival Up Helly Aa di Skotlandia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika Shetland mengalami perkembangan ekonomi akibat industri perikanan dan perkapalan yang pesat. 

Pada tahun 1880, sekelompok pemuda setempat di Lerwick, ibu kota Shetland, terinspirasi oleh sejarah Viking mereka dan perayaan Skandinavia

Akhirnya mereka memutuskan untuk menggelar Up Helly Aa, awalnya festival ini hanya dilakukan beberapa pemuda yang berpakaian Viking dan membawa obor berjalan-jalan di jalanan kota saja. 

Namun, minat masyarakat tumbuh pesat, dan festival ini berkembang dengan pembuatan galon (kapal Viking raksasa) yang dibakar sebagai penanda festival ini.

Seiring berjalannya waktu, Up Helly Aa semakin menarik banyak masyarakat luas di Skotlandia dan menjadi lebih megah, festival ini pun menjadi peristiwa yang sangat dinanti-nantikan oleh komunitas Shetland setiap tahunnya.

Kegiatan Selama Festival Berlangsung

Selama Festival Up Helly Aa di Skotlandia berlangsung, kegiatan terjadi sepanjang hari dengan melakukan parade Viking. Ribuan peserta dari berbagai kelompok memadati jalanan dengan kostum Viking yang lengkap. Mereka membawa senjata seperti pedang dan perisai, menciptakan pemandangan yang mengingatkan pada zaman Viking.

Puncak dari Festival Up Helly Aa terjadi saat pawai obor Viking memasuki jalur pawai. Dalam gelapnya malam, peserta membawa obor yang menyala, sehingga tercipta suasana yang misterius di tengah kegelapan, mereka bergerak membawa obor menuju galon raksasa.

Pembakaran galon Viking adalah puncak Festival Up Helly Aa. Ketika obor dinyalakan dan api membakar kayu dan kertas galon, langit malam diterangi oleh cahaya api, disitulah pemandangan semarak festival yang menggetarkan jiwa. 

Tidak hanya itu, selama festival berlangsung para pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan musik dan tarian tradisional. Alat musik tradisional seperti biola Shetland dan alat musik tiup bernama hornpipe mengiringi jalannya festival Up Helly Aa di Skotlandia.

Makna Festival Up Helly Aa di Shetland

Festival Up Helly Aa di Shetland, Skotlandia, memiliki beberapa makna yang mendalam:

  • Pelestarian Warisan Sejarah Viking

Ini adalah cara untuk menghormati dan merayakan pengaruh budaya Viking dalam sejarah pulau ini. 

  • Semangat dan Solidaritas

Festival Up Helly Aa di Skotlandia adalah contoh nyata semangat komunitas yang kuat. Seluruh komunitas ikut terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan festival ini. Ini adalah saat dimana orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat bersatu untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa. 

  • Kreativitas dan Seni 

Pembuatan galon raksasa dan pertunjukan musik dan tarian tradisional adalah ekspresi kreativitas dan seni yang penting. Ini adalah cara untuk menunjukkan keahlian dan merayakan budaya yang unik.

  • Dinamika Budaya yang Hidup

Up Helly Aa adalah peristiwa yang menghidupkan kembali budaya dan tradisi kuno. Ini memastikan bahwa generasi muda tetap terhubung dengan warisan budaya mereka dan merasa bangga akan identitas Viking mereka.

  • Kebersamaan dan Kenangan

Festival Up Helly Aa di Skotlandia adalah saatnya seluruh penduduk bersatu, berbagi kebersamaan, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Festival ini memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk merayakan identitas budaya mereka dan bersenang-senang bersama.

Kesimpulan

Setiap festival di belahan dunia pasti memiliki ciri dan keunikannya masing-masing, seperti halnya festival Up Helly Aa di Skotlandia yang menawarkan pertunjukkan budaya dan menghormati sejarah berbalut kegembiraan seluruh penduduk Skotlandia.