Yuk Intip Catalunya, Daerah Artistik Spanyol yang Nyentrik!

Siapa yang tidak tahu Spanyol? Ketika mendengar negara Spanyol, kamu pasti ingat matador, pantai-pantai yang hangat, Madrid, dan sepak bola. Daerah-daerah di Spanyol juga sama beragamnya, ada Galicia yang kuno dan agung, Basque yang indah dan unik dengan keberagaman alamnya, Andalusia yang hangat dan hijau, dan Catalunya yang estetik dan artistik.

Seperti daerah-daerah lainnya di Spanyol, Catalunya merupakan salah satu destinasi liburan cantik yang disukai banyak turis. Daerah ini terkenal dengan banyak hal, mulai dari bangunan yang artistik, keindahan alam yang cantik dan hangat, sampai budaya, seni, dan tradisi yang nyentrik. Wah, Catalunya punya banyak kejutan nih!

Image by Berk Ozdemir from Pexels

Catalunya terletak di bagian Timur laut Spanyol, berbatasan dengan Prancis dan Andorra. Sama dengan sebagian besar daerah Eropa Selatan dan daerah Mediterania, cuaca dan iklim di Catalunya biasanya hangat, cerah, dan mendekati iklim tropis. Kota yang populer di Catalunya adalah ibu kotanya, Barcelona. Penasaran dengan isinya?

Bangunan-bangunan di Catalunya punya beragam gaya, mulai dari bangunan yang sudah ada dari zaman Romawi kuno seperti Amphitheatre di Tarragona, istana kuno seperti Royal Abbey of Santa Maria de Poblet, hingga bangunan bergaya gotik modern seperti Sagrada Família, dan Palau de la Música Catalana. Oh iya, bangunan-bangunan ini masuk ke dalam situs warisan UNESCO lho!

Image by Falco from Pixabay

Catalunya juga pusatnya kesenian di Spanyol. Dari dulu keberagaman gaya seni dan budaya sering terjadi di Catalunya, hal ini melahirkan sebuah gaya seni baru yang lebih berwarna-warni dari daerah lainnya di Eropa. Tak sedikit juga seniman yang lahir atau tinggal di Catalunya untuk bekerja, seperti Salvador Dalí, Joan Miró, sampai Pablo Picasso. Kalian bisa mengunjungi banyak museum seni seperti museum Salvador Dalí dan museum Joan Miró di Barcelona.

Image by Salva Benlloch from Wikimedia commons

Nah, yang membuat Catalunya unik ini adalah tradisi-tradisi yang berbeda dari daerah lain di Spanyol. Ada 15 festival yang bisa dirayakan setiap tahun! Ketimbang adu banteng, mereka lebih memilih untuk membuat formasi mirip panjat pinang yang dikenal dengan Castell tiap musim panas. Mereka merayakan festival seperti Halloween yang didampingi oleh pesta kembang api, dikenal juga sebagai Correfocs. Orang-orang akan mengenakan pakaian yang seram dan bermain kembang api. 

Siapa sangka kalau Spanyol bisa sekeren ini? Kalau kalian ingin liburan ke Spanyol dengan akomodasi yang murah dan aman, bisa cek ke kamarpelajar.id/kamar. Dengan Kamar Pelajar, kalian bisa jalan-jalan ke Catalunya dengan akomodasi yang terjamin dan kalian juga bisa menikmati indahnya Catalunya!