Bosan Dengan Natal yang Itu-itu Saja? Ini beberapa Tradisi Natal Unik di Eropa yang Bisa Kamu Coba!

Liburan musim dingin sudah dekat! Ini tandanya kamu butuh banyak hal yang bisa menghangatkanmu selama liburan. Kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang baru pada natal kali ini, kamu bisa mencoba hal-hal berikut untuk meramaikan dan menghangatkan libur natalmu! Nah, kebetulan di Eropa banyak tradisi natal yang unik, apa saja ya?

Image by Wikimedia Commons

Spanyol/Catalunya – Tió de nadal

Nah, anak-anak di Spanyol suka sekali dengan batang kayu yang satu ini! Konon, Tió de nadal atau dikenal juga dengan Caga Tió suka memakan makanan ketika semua orang tertidur tiap malam dan akan mengeluarkan hadiah natal kepada anak-anak. Keluarga-keluarga di Calatunya biasanya memberi Tió de nadal kepada anak-anak mulai dari tanggal 8 Desember. Anak-anak bisa memberi Tió de nadal makanan, selimut, dan topi merah khas Catalunya. 

Sinterklaas, Image by Wikimedia Commons

Belanda – Parade Sinterklaas

Siapa yang tidak tahu Santa Claus? Santa Claus ini terinspirasi dari Sinterklaas yang sama-sama memberi anak-anak hadiah. Konon, Sinterklaas datang ke Belanda tiap sore di bulan Desember, dia akan datang melalui cerobong asap bersama asistennya yang mengenakan baju berwarna-warni, Piet. Pesta dan perayaan khusus Sinterklaas dirayakan tiap tanggal 5 Desember, dimana orang-orang akan berparade sebagai Sinterklaas dan Piet di kota-kota Belanda.

Image by 100 Files from Pexels

Swedia – Hari Santo Lucia & Kartun Lawas

Swedia punya perayaan hari Santo Lucia yang unik untuk anak-anak tiap tanggal 13. Asal usul perayaan ini dari cerita biarawan tentang Santo Lucia yang mengorbankan dirinya untuk memberi makanan kepada orang-orang miskin di Swedia pada abad ke-13. Perayaan ini biasanya dirayakan anak-anak perempuan dengan mengenakan jubah putih dan mahkota yang dibuat dari ranting Lingonberry. Selain itu, anak-anak di Swedia biasanya menonton kartun lawas dari Disney tiap natal. Biasanya, stasiun televise di Swedia menayangkan kartun Donal Bebek edisi natal!

Image by Masood Aslami from Pexels

Jerman – Krampus dan Pasar Natal

 Seperti di Belanda, Sinterklaas juga terkenal di Jerman dengan nama Nikolaus. Namun, dia ditemani oleh Krampus, monster menyeramkan yang memakai baju dari karung dan membawa rantai. Konon, Krampus akan menghukum dan menakut-nakuti anak-anak yang nakal tiap natal! Selain itu, Jerman juga terkenal dengan pasar natalnya yang ramai dan hangat. Beberapa makanan, perhiasan, dan barang khas natal seperti Nutcracker dijual di pasar ini.

Norwegia – Pohon Natal dan Tikus

Banyak orang yang membeli dan menghiasi pohon cemara untuk merayakan natal, tapi tahukah kamu kalau Norwegia punya tradisi yang kreatif dan dermawan? Norwegia biasanya memberi hadiah kepada Britania Raya sebuah pohon natal sebagai ucapan terima kasih atas bantuan perangnya dulu. Selain itu, orang-orang di Norwegia juga biasanya bertukar hadiah kecil dan menghiasi pohon natal dengan Julekurver hiasan anyaman berbentuk hati. Biasanya, orang-orang juga akan menyanyikan lagu populer natal berjudul Musevisa. Lagu ini bercerita tentang anak-anak tikus yang ingin merayakan natal.


Wah, unik-unik ya tradisi natal di Eropa!  Kalau kalian ingin menghabiskan libur natal dan tahun baru ke berbagai negara di Eropa dengan akomodasi dan pemandu yang murah dan aman, bisa cek ke kamarpelajar.id/kamar. Dengan Kamar Pelajar, kalian bisa menikmati liburan musim dingin dengan akomodasi yang terjamin dan pemandu yang seru!