Fenomena Midnight Sun di Islandia, Bagaimana bisa terjadi?

Halo sobat KP! Ngomongin musim panas, mimin jadi penasaran apa yang terjadi dengan negara negara eropa bagian utara ya? Kira-kira mereka mendapatkan hangatnya sinar matahari atau tidak? Eits.. tunggu dulu! Mimin kasih tau jawabnya..justru negara-negara Eropa utara mendapatkan sinar matahari selama 24 jam loh!. Wow! That’s unexpectable!  Mimin akan ambil contoh negara Islandia dengan sinar matahari yang memancar selama 24 jam. Bagaimana bisa terjadi sih? Lalu kapan fenomena Midnight Sun di Islandia? Apakah cuman di Islandia aja? Kalau mau tau jawabannya, ikuti mimin terus ya!

Apa itu midnight sun

Sumber: Till Daling Unsplash.com

Midnight Sun atau yang biasa kita sebut Matahari tengah malam adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas, di daerah  belahan bumi utara pada Lingkaran Arktik atau selatan Lingkaran Antartika, ketika Matahari tetap terlihat pada tengah malam dan matahari akan terus bersinar selama 24 jam. 

Apa yang menyebabkan terjadinya Midnight Sun? 

Illustration of summer solstice on june 21. Globe with europe and africa, sunlight and shadow.

Midnight Sun disebabkan oleh kemiringan sumbu bumi terhadap matahari selama musim panas. Kemiringan poros bumi yang sama, ditambah dengan bumi berputar mengelilingi matahari menyebabkan fenomena ini terjadi. Setiap tahun belahan bumi utara miring ke arah matahari, dari bulan April sampai Agustus dan sebaliknya dari bulan September sampai Maret. Artinya, musim panas terjadi di belahan bumi utara pada bulan Juni, Juli, dan Agustus. Musim panas terjadi di belahan bumi selatan pada bulan Desember, Januari, dan Februari. Sehingga, bagian Kutub bumi/ The Earth’s Poles mendapatkan efek yang paling kontras, karena keduanya terkena sinar matahari terus menerus selama enam bulan dan kemudian mengalami kegelapan total, atau Polar Nights yang terjadi selama enam bulan sisanya. Akibatnya, baik Kutub Utara maupun Kutub Selatan terjadi Midnight Sun yang mutlak , fenomena yang memancarkan sinar matahari terus-menerus selama enam bulan. Ini akan terus-menerus memiliki langit cerah di Kutub Utara dan gelap di Kutub Selatan dari akhir Maret hingga akhir September, sementara paruh tahun lainnya terjadi sebaliknya.

Kapan terjadinya Midnight Sun di Islandia? 

Hari-hari menjadi sangat panjang selama musim panas di Islandia. Meskipun Midnight Sun mencapai puncaknya yaitu, dititik balik matahari musim panas di bulan Juni, membuat malam-malam di Islandia cerah hingga larut malam pada awal Mei dan hingga akhir Agustus. Di Islandia, matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam antara Mei dan Agustus. Pada puncak musim panas Islandia, tidak sepenuhnya gelap di seluruh pulau. Wow! Keren banget ya sobat KP! Jadi ingin pergi kesana nih! 

Apakah hanya terjadi di Islandia? 

Islandia bukan satu-satunya negara yang mengalami fenomena alam yang mempesona ini. Semua negara di utara Lingkaran Arktik juga akan mengalami Midnight Sun selama musim panas mereka, termasuk Greenland, Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, dan negara bagian Alaska di Amerika Serikat. 

Bagaimana cara mengetahui tiba waktunya pagi hari dan sore hari? 

Sumber: Felipe Pelaquim Unsplash.com

Secara teknis, Midnight Sun hanya terjadi di Reykjavik, ibukota Islandia di antara 16-29 Juni karena ini adalah satu-satunya hari dalam setahun ketika matahari terbenam setelah tengah malam. Tetapi jika kalian menganggap bahwa matahari terbit hanya beberapa jam kemudian, mungkin kalian juga akan menyadari bahwa meskipun matahari belum terbit, hari masih cerah. Memang matahari itu hanya turun sedikit di bawah cakrawala selama waktu senja.  Malam yang cerah berlangsung selama sekitar tiga bulan (satu setengah bulan sebelum dan setelah 21 Juni). Jadi, meski puncak Midnight Sun Islandia berada di dua minggu terakhir bulan Juni, kalian masih bisa merasakannya jika berkunjung ke Islandia pada bulan Mei, awal Juni, Juli, atau awal Agustus. Matahari terbenam dan matahari terbit yang lambat membuat tampilan langit senja berwarna-warni yang luar biasa indah dan berlangsung selama berjam-jam. Beberapa jam saat malam hari bisa menjadi sangat gelap di awal Agustus, meskipun tidak lebih dari senja. Menjelang akhir Agustus atau awal September, akan ada beberapa jam malam yang gelap gulita, sehingga cahaya utara akan mulai muncul di langit. Akhir Agustus atau awal September adalah waktu yang tepat untuk  menikmati hari-hari yang panjang dan cuaca yang lebih sejuk, tetapi masih dengan beberapa jam dengan kegelapan di malam hari dengan iringan beberapa aurora menari di langit.

Fun Fact Midnight Sun di Islandia

  • Puncak Midnight Sun Islandia terjadi sekitar titik balik matahari musim panas, biasanya 21 Juni.
  • Jam malam yang memiliki cahaya di Islandia terjadi dimulai dari Mei hingga Agustus, meskipun matahari terbenam tepat sebelum tengah malam.
  • Kalian dapat merasakan terangnya Midnight Sun di Islandia dari pertengahan Mei hingga pertengahan Agustus.
  • Apakah Islandia memiliki siang hari selama 24 jam? Ya, hari terpanjang di Islandia dimulai pada bulan Mei hingga Juli saat matahari tidak terbenam.
  • Islandia memiliki siang hari terpendek dalam setahun yaitu 4-5 jam per hari, terjadi pada Desember hingga Januari).
  • Waktu siang hari Islandia meningkat 1-3 menit setiap hari antara 21 Desember dan 21 Juni.
  • Waktu siang hari Islandia berkurang 1-3 menit setiap hari antara 21 Juni dan 21 Desember.
  • Kalian dapat melihat Midnight Sun di setiap kota di Islandia. 
  • Midnight Sun terjadi karena poros bumi miring ke arah matahari saat musim panas.

Well, Sobat KP pasti tertarik dong untuk mengunjungi Islandia dan menikmati Midnight Sun bersama orang tercinta. Mimin aja pengen banget nih ke Islandia. Eits.. jangan lupa selalu  update informasi terbaru Kamar Pelajar melalui https://kamarpelajar.id/.