Halloween : Perayaan global yang fenomenal. Yuk simak!

Halo sobat KP. Kita sudah berada di bulan Oktober. Tebak! Perayaan apa yang paling fenomenal di dunia pada  bulan Oktober? Yaps Halloween.

Halloween adalah sebuah perayaan yang dilakukan banyak orang di seluruh dunia pada tanggal 30 Oktober dengan keunikannya yaitu memakai kostum hantu atau karakter favorit dan banyaknya lentera dari buah labu yang berbentuk Jack O’Lantern.

Apa kesan pertama kali sobat KP saat dengar Halloween?

Seram? Hantu? Penyamaran? Permen? Labu? Pokoknya kali ini Mimin akan bahas hal itu di artikel ini. Yuk simak!

1. Labu Halloween atau labu Jack-o’-lantern

Sumber : Unsplash.com by David Menidrey

Ciri khas yang paling menonjol dalam perayaan Halloween adalah labu Jack O’Latern. Jack O’Latern adalah nama untuk hiasan Halloween dari labu kuning yang sudah dipotong di bagian atas, dikorek isinya dan diukir hingga berbentuk kepala makhluk yang sedang menyeringai.

Jack O’Lantern berasal dari seorang sosok bernama Stingy Jack. Nah Stinky Jack ini terkenal pemabuk dan tukang bohong bahkan kepada iblis. Ketika meninggal, Jack tidak diterima di surga maupun neraka. Sehingga arwah Jack bergentayangan di bumi dengan membawa bekal bara api yang dimasukkan dalam labu. Hal inilah kemudian dikenal sebagai labu Jack O’Lantern. Lumayan seram ya sobat KP ceritanya :’.

Awalnya masyarakat Irlandia membuat bentuk labu yang diukir sedemikian rupa kemudian disimpan di depan rumah mereka dengan tujuan agar Jack O’Lantern tidak mengganggu mereka. 

2. Trick or treat!

Sumber : Unsplash.com by Conner Baker

Suatu kegiatan yang biasa dilakukan anak-anak dan orang dewasa saat Halloween tiba. Dalam melakukan kegiatan tersebut mereka memakai kostum dan anak-anak melakukan perjalanan dari rumah ke rumah sambil meminta suguhan dengan berkata “Trick or Treat!” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “Kenakalan atau Permen!” merupakan suatu ancaman yang berarti pemilik rumah ditanya untuk memberikan permen atau melakukan kenakalan di rumahnya. Pemilik rumah biasanya membuat hiasan Halloween di luar pintu mereka untuk memberikan isyarat bahwa mereka bersedia memberikan permen atau makanan.

3. Kostum

Sumber : Unsplash.com by Nika Benedictova

Salah satu ciri khas Halloween yang lain adalah kostum. Dulu, Halloween identik dengan kostum seramnya, namun semakin lama dan saat ini Halloween tidak cuma memakai kostum seram, tapi bisa juga memakai kostum karakter favorit. Contoh kostum favorit yang sering terlihat saat Halloween adalah Joker, Harley Quinn, Batman, dan lain sebagainya.

Nah sobat KP kalau mau pakai kostum untuk Halloween kira-kira pake apa nih?

4. Dekorasi Halloween

Sumber : Unsplash.com by Alonso Reyes

Dekorasi Halloween identik dengan warna hitam dan jingga. Untuk hiasannya sendiri identik dengan labu Jack O’Lantern, jaring dan laba-laba, kelelawar dan kucing hitam. 

Jaring dan laba-laba memberikan kesan horor dan mistis juga dipercaya sebagai simbol kemalangan apabila membunuhnya. Pada mitos abad pertengahan, laba-laba dianggap perwujudan arwah orang yang sudah meninggal dan datang untuk mengunjungi keluarganya.

Kelelawar diyakini sebagai jelmaan vampir. Bisa dilihat pada film-film vampir biasanya identik dengan perubahan vampir menjadi kelelawar. Sementara kucing hitam diyakini jelmaan penyihir dan simbol kesialan apabila membunuhnya.

Gimana sobat KP? Cukup menarik ya ulasan tentang Halloween ini. 

Untuk sobat KP yang penasaran ingin merasakan suasana Halloween secara penuh, bisa pergi ke luar negeri pada tanggal 30 Oktober ya dan jangan lupa pesan kamar di Kamar Pelajar disini http://www.kamarpelajar.id/kamar.