Tradisi-tradisi Perayaan Tahun Baru Unik Ala Eropa

Tahun baru sudah datang! Tahun baru lebih seru kalau kita merayakannya bersama dengan orang-orang yang kita sayangi sambil melakukan kegiatan-kegiatan yang seru. Tahun baru sambil berwisata ke beberapa negara Eropa juga pasti seru. Nah, di Eropa sendiri ada beberapa perayaan tahun baru yang unik nih! Yuk intip beberapa perayaan unik pada beberapa negara Eropa!

 

Nieuwjaarsduik di Scheveningen
Image by Wikimedia Commons
  • Belanda: ¬†Nieuwjaarsduik.

Orang Belanda sangat suka berenang, tak lupa mereka menjadikan kegemaran mereka yang satu ini sebagai salah satu tradisi tahun baru. Tiap tahun baru, orang-orang akan berkumpul dan berenang bersama ke dalam laut yang dingin. Kegiatan ini juga dikenal dengan nama Polar Bear Plunge dalam bahasa Inggris.

Orang-orang yang berpartisipasi di tradisi ini bisa mencapai lebih dari 30.000 se antero Belanda. Biasanya, kegiatan ini terpusat di Scheveningen, Den Haag, salah satu daerah yang terkenal dengan pariwisatanya. Di Scheveningen sendiri pesertanya bisa sampai 10.000 orang. Orang-orang di daerah lain juga bisa berpartisipasi di pantai-pantai lainnya. Sebanyak 89 tempat di Belanda merayakan tradisi ini. Tradisi ini dimulai sejak tahun 1960 di Scheveningen dan terkadang orang-orang mengenakan topi dan sarung tangan ketika mereka berenang.

 

orang-orang yang sedang melompat
Image by Spencer Davis from Unsplash
  • Denmark: Melompat pada saat Tahun Baru dan Tradisi Lainnya!

Denmark punya beberapa tradisi tahun baru yang unik, salah satunya adalah dengan melompat. Ketika jarum jam sudah di angka 12, orang-orang akan berhenti melakukan kesibukan mereka, berdiri, dan melompat! Beberapa orang percaya kalau mereka akan mengusir kesialan yang akan datang di tahun yang baru.

Selain itu, akan ada Ratu Margrethe yang memberi pidato kepada rakyat Denmark yang akan ditayangkan di televisi dari jam 6 sore. Penayangan dan pemberitahuan pidato dari ratu Denmark ini sudah dimulai semenjak tahun 1880, namun kepopuleran tradisi ini memuncak ketika perang dunia kedua, karena pidato yang dibacakan mendiang ratu dahulu menyentuh dan memotivasi rakyat Denmark untuk bangkit dan bersatu.

 

Poster untuk film "Dinner for one"
  • Austria, Jerman, Swiss: Menonton Dinner for One.

Apa persamaan Austria, Jerman, dan Swiss? Mereka sama-sama menggunakan bahasa Jerman untuk komunikasi sehari-hari dan seringkali serius ketika berinteraksi. Namun, masalah penggunaan bahasa dan keseriusan mereka tidak menghalangi mereka semua untuk menonton film pendek komedi klasik dari Inggris yang berjudul Dinner for One bersama orang-orang terdekat mereka saat tahun baru. Walaupun film ini dibuat di Inggris, film ini justru lebih populer di luar Inggris!

Dinner for One adalah film pendek komedi yang dibuat pada tahun 1963 dengan bantuan rumah siaran Jerman, NDR. Film ini bercerita tentang wanita tua bernama Sophie yang biasa merayakan ulang tahun bersama teman-temannya sampai suatu hari mereka semua sudah meninggal. Butler keluarga Sophie, Tuan James, harus mengakali perayaan ulang tahun ke-90 nyonya Sophie.

 

Anggur merah di atas 2 gelas emas
Image by Marek Studzinski from Unsplash
  • Spanyol: Makan 12 Butir Buah Anggur

Anggur sangat digemari di Spanyol sampai-sampai ada tradisi untuk memakan  anggur pada saat tahun baru. Ada kepercayaan untuk memakan 12 butir anggur pada tahun baru. Orang-orang memakan 1 butir tiap kali lonceng peringatan tahun baru berbunyi. Tiap anggur dan dentuman lonceng menyimbolkan 12 bulan kedepan dan konon dengan melakukan ini, orang-orang mengusir hawa jahat yang akan datang tahun depan dan juga untuk membawa keberuntungan di tahun yang baru.

Biasanya orang-orang memakan anggur bersama keluarga mereka di rumah setelah makan malam, atau bersama orang-orang di alun-alun kota besar, seperti di Madrid. Tradisi ini dimulai pada tahun 1895, namun baru tersebar pada tahun 1909 ketika daerah Alicante panen anggur yang banyak.

 

Seru-seru kan?  Kalau kalian ingin menghabiskan tahun baru ke berbagai negara di Eropa dengan akomodasi dan pemandu yang murah dan aman, bisa cek ke kamarpelajar.id/kamar. Dengan Kamar Pelajar, kalian bisa menikmati liburan tahun baru di Eropa dengan akomodasi yang terjamin dan pemandu yang seru! Kapan lagi liburan seru di Eropa setelah tahun baru?